Hehehe, ternyata saya juga ada masalah dengan ldap+courier-imap.

Begini,
Sewaktu testing, mailserver oke oke saja. Tapi ternyata setelah dipakai
ada masalah di imapnya. Yaitu kadang2 sewaktu mengakses webmail
(squirrelmail) sering dapet pesan "Dropped by IMAP Server".

Analisa sementara kesalahan ada di courier-imap yang tidak bisa
authentikasi ke LDAP server.

Jul 21 08:30:29 intern imapd: Connection, ip=[::ffff:127.0.0.1]
Jul 21 08:30:29 intern postfix/smtpd[2638]: A4B6EC8E43:
client=localhost[127.0.0.1]
Jul 21 08:30:30 intern postfix/smtpd[2507]: NOQUEUE: reject: RCPT from
Jul 21 08:30:30 intern imapd: LOGIN FAILED, [EMAIL PROTECTED],
ip=[::ffff:127.0.0.1]
Jul 21 08:30:30 intern imapd: authentication error: Input/output error

Hal ini terjadi kemungkinan karena setiap user yang mengakses webmail
maka akan query ke ldap, dan setiap user mengklik "Inbox" --misalnya,
maka akan query lagi ke ldap. Dan hal ini mungkin yg menyebabkan koneksi
ke ldap gagal.

Nah apakah ada cara supaya courier-imap itu bisa me-cache query yg
berhasil sehingga tidak perlu query lagi.

Saat peak-hours, process ldap akan 'memakan' cpu sampai 99%. FYI, LDAP
Server terpisah dari imap dan postfix.

Saya sudah googling, dan sepertinya solusi imapproxy tidak menyelesaikan
masalah saya. Jadi mungkin ada solusi di bagian courier-imapnya atau
selain imapproxy?

Atau saya harus optimize ldap servernya sehingga bisa lebih cepat dan
efisien untuk query?

Spek H/W LDAP server sepertinya cukup bagus. P4D 2Ghz(Kl tidak salah)
memory 1 GB.
Spek H/W Mailserver juga cukup bagus. Dual Xeon. Memory 4GB.

Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya..