On Thu, Jan 08, 2009 at 10:09:54AM +0700, Salman AS wrote:

> Kalau gak ada keperluan yang khusus sich, bisa pake smoothwall yang
> simple. Atau turunannya IPCOP. Kalau modifikasi pake Clark Connect
> juga mantap, skriptingnya pake PHP. Yang banyak orang menguasainya
> (maklum yang posting kagak bisa pakai perl :))!
>
> btw, ini jadi milis freebsd ya!!! lihat kiri-kanan lari.........
> he....he....he....

Pakai linux ok dong :)
Saya coba pfsense untk load balancing dua wan, berhasil kemudian gagal,
ftp ndak bisa keluar. Bisa masuk shell, tapi ndak ngerti perintah2 untk
networking freebsd (kalau vi, cat, ls, dll sih sama) untuk analisa
masalah. Akhirnya mbalik maning ke linux :D

Untuk yg simple saya pakai m0n0wall cukup bagus, install sekali dah 7
bulan lebih, lantas ditinggal ndak pernah dimaintain lagi, sampai lupa
passwordnya sampai skr masih jalan. Kalau ada problem biasanya di PC,
kayak baterai bios mati.

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,