------
kecepatan diukur dari loading aplikasi :). Speed juga dipengaruhi memori
komputer. semkin banyak memori semakin cepat, karena vbox menggunakan
memori besar.
-------

Pak Andy, kalau gitu kuncinya memori ya ?
 saya pakai xp64. Coba virtualbox install xp32 dan juga running render povray
... Hebatnya proc (4 core) cuman kepakai 50%.
Memang sih, cuma sekedar asal benchmark :)
Perkiraan saya seharusnya kalau ubuntu64+virtualbox jalannya pasti lebih
kenceng compare to xp64.
Nb: phenom2 940 + 8gb + radeon 4850.

Thnx