Adinda Praditya wrote:
Hi All,

Saya ingin mindahin datadir-nya MySQL ke tempat lain. Setelah
servisnya dimatikan, saya kopi default datadir (/var/lib/mysql) ke
/tempat/lain/mysql/ lalu edit my.cnf. Tapi pas mo restart gagal. Tidak
ada catatan log di /var/log/mysql/* Lalu saya coba rename
/var/lib/mysql ke /var/lib/mysql-working dan buat symbolic link yang
mengarahkan ke /tempat/lain/mysql/ tetap nggak bisa juga. Dan setelah
saya kembalikan seperti semula (menghapus link-ya dan rename balik),
service-nya masih tidak bisa dijalankan.

File log apa yang bisa saya pantau untuk mengidentifikasi masalah ini?
Di /var/log/messages pun nggak ada informasinya. Saya duga
permission-nya, namun folder /var/lib/mysql yang saya kembalikan utuh
dari default-nya itu permission-nya masih mysql.mysql, bukan
root.root. Mohon solusi dari rekan2 semua.

Saya pakai ubuntu 9.04 32 bit. MySQL servernya baru saya setup, so
kalo pilihan terakhir untuk solusi instalasi ulang paket mysql-server
nya masih saya terima.

Terima kasih,

Adinda P

Instalasi default Ubuntu menyertakan AppArmor, yang melindungi beberapa aplikasi penting.

Coba lihat isi file
/etc/apparmor.d/usr.sbin.mysqld

Di dalam file ini terdapat list direktori mana aja yang 'dipercaya' oleh mysqld berikut hak aksesnya.

Edit file ini, tambahkan direktori /var/lib/mysql-working ke dalamnya, samakan hak aksesnya dengan direktori /var/lib/mysql

Lebih lengmak coba baca man dan google tentang AppArmor.

Semoga membantu.

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com