Halo mas,

2009/10/8 Samuel Sappa <cihuy...@gmail.com>:
> Mohon bantuan teman - teman,
> Spesifikasi mailserver di tempat adalah sbb:
> Proc Pentium 4 3Ghz
> Mem 4GB
> HDD 250 GB
> Linux mandriva 2005 LE
> Mailbox user kurang lebih ada 100 buah
> layanan SMPT dan POP3 di satu mesin yang sama

SMTP kali ya :-)

Bisa sekalian deskripsi mail servernya menggunakan apa mas ?

> 1.Rata - rata user di tempat saya sangat lama mendownload email, email
> dengan attachment sekitar 9mb membutuhkan waktu 30 menit untuk di
> donlot. Padahal mailserver dan client secara fisik berada di dalam 1
> jaringan LAN, apakah hal ini normal2 saja dengan spesifikasi yang ada

Sangat-sangat tidak normal. Saat ini saya menggunakan Zimbra Mail
Server pada openSUSE 11.1. Download attachment 9MB membutuhkan waktu
kurang dari 1 menit.

Meski mail server dan client berada pada jaringan yang sama, kalau
salah setting di DNS atau DNS harus melookup ke internet ya sama saja,
bisa lama sekali

> 2.selama ini di tempat saya menggunakan MS Outlook, yang menjadi
> problem adalah Outlook jika mailbox nya ukurannya sudah besar suka
> menjadi aneh, adakah program mail client yang berjalan di windows bisa
> menggunakan format maildir

AFAIK, Outlook suka aneh kalau mailbox > 2 GB. Saran saya, gunakan
saja Thunderbird. Thunderbird mendukung maildir dan malah memecah
masing-masing folder kedalam 1 mailbox tersendiri, CMIIW.

Jangan lupa untuk memindahkan email yang sudah lama kedalam arsip agar
inbox tidak terlalu berat.

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto