Salman AS wrote:
riza x wrote:
teman-teman...

selama ini saya telah menggunakan webmin+virtualmin sekitar setahun dan menurut saya berfungsi cukup baik.

namun kemarin server kami hang dan harus direstart paksa, setelah jalan kembali ternyata virtualmin tidak menampilkan daftar email untuk setiap domain yang ada, padahal sebelumnya bisa.

apakah teman-teman ada saran untuk permasalahan ini, saya sudah coba pasang webmin+virtualmin yg lain dengan port berbeda, coba backup ataupun buat domain di webmin baru namun tetap tidak bisa menampilkan dafar email tersebut.

apa yg harus saya lakukan ? mohon bantuannya, terima kasih.

dalam kondisi seperti ini, skill membaca file log menjadi sangat menentukan. distro pakai apa? kalau pake Debian coba lihat-lihat file /var/log/messages dan /var/log/apache2/access.log.

regards,

terima kasih buat tanggapannya,

saya pakai centos 5, masalah ini muncul karena saat restart centos gagal menyelesaikan seluruh entry yang ada di /etc/inittab (karena ada kesalahan pada penulisan perintah-perintah di /etc/rc.local). mungkin ada yang pernah mengalami kejadian yaitu setelah restart tidak muncul virtual terminal seperti biasanya. saya tidak tau pengaruhnya sampai sebesar apa, tetapi setelah saya perbaiki /etc/rc.local dan centos dapat boot dengan normal, masalah ini terselesaikan dengan sendirinya...

di log sendiri tidak ada petunjuk yg dapat dijadikan bahan untuk analisa masalah.