On Fri, 2009-12-25 at 21:20 +0700, Saifudin Wardhana wrote:
> Sebenarnya serupa tapi agak beda implementasinya, gimana ya..akan
> saya
> coba menjelaskan menurut versi saya.
> Alsa adalah sound server yang mendukung sound card, Jack adalah untuk
> koneksi sound system, sedangkan pulseaudio sebenarnya sound system
> tetapi punya kemampuan lebih bila disandingkan dengan alsa, seperti..
> penggunaan beberapa sound card secara bersamaan dll, hampir sama
> seperti
> jack, cuma jack lebih fleksibel dan mungkin...lebih rumit
> penggunaannya.
> Agak bingung ya.

bingung ndak bingung. hehehe

saya butuh pencerahan tentang sound server itu sendiri, trus sound
system juga. bingung dengan istilah nih diriku

setahu saya sih, kalo pake alsa atau jack, suaranya ndak bisa multi.
kalo pake pulseaudio bisa. dan jack untuk real time lebih cocok
digunakan. cuman sebatas itu pengetahuan saya. :D

> Soal menghapus pulseaudionya, gak masalah..pokoknya yang penting
> bersih
> meremove-nya dan alsanya diinstall.
>
> Apa sudah dirubah via sound preferencesnya, seperti profile
> hardwarenya,
> konektor inputnya, konektor outputnya. Coba dulu deh. Bila sudah
> mentok-tok, cara paling mudah ya uninstall pulseaudionya.

saya sudah coba-coba sih. kurang sesajen mungkin. tapi pilihan untuk
menghilangkan pulseaudio akan saya coba. :)

> Kalau sudah bisa, tinggal install creox buat effect gitarnya :) Tapi
> ini
> pakai jack server (qjackctl)

sudah pernah pak bos. sayang, suara distorsinya ndak sebagus Danelectro
FAB. Distortion yang harganya 250rb barunya. hehehehe.

saya cukup pake zoom gfx sajah.

rencana sih endingnya buat pelatihan kalo berhasil sih. tapi kalo mentok
ya kembali pake blankon nanggar. :D

Terima Kasih.