Ferry Kristianto wrote:

> hm... jadi begitu ceritanya. Sekedar bertanya. Bila transparent proxy,
> lalu program p2p mencoba menggunakan port 80, kan akan redirect ke port
> 3128.
> Lalu apakah akan ditangani squid? atau squid hanya akan mengenali paket2
> HTTP saja? paket data p2p apakah akan dilewatkan saja? Atau malah terblok?

Saya belum pernah mengamati. Tapi kalau dikembalikan ke cara kerja browser, maka
pada akhirnya browser akan tersambungkan ke squid. Karena browser sudah tertipu
seolah-olah sudah terhubung dengan web server, browser akan kirim GET /blahblah.
Kalau browser kirim sesuatu yang non HTTP-request, squid akan teriak
"bad-request".

Kalau aplikasi p2p ndak ngerti urusan bad request itu, saya *berasumsi* bahwa
program itu akan bergumam: "sial, ni orang ngomong apaan sih?"

Jadi saya kira kok secara tidak langsung, dia terblok.

Yang jadi soal, aplikasi p2p kan ya banyak. Untuk urusan bittorent saja sudah
ada sebegitu banyak client. Belum lagi kalau lari ke yang lain seperti edonky,
kazaa, atau yang lain. Sangat mungkin bahwa aplikasi-aplikasi itu masing-masing
berperilaku lain. Masuk akal juga kalau ternyata aplikasi itu bisa mendeteksi
bahwa "eh... kayaknya aku nyambung ke http proxy nih... coba kirim CONNECT
aaah". Kalau ceritanya begini, ya rasanya jadi ndak terblok. Tapi soal apakah
paket data yang dipertukarkan bakal ditangani squid, rasanya kok ndak. Kalau
soal bikin *seolah-olah tunnel*, rasanya ya memang iya (balik ke post saya
sebelumnya).

Kalau salah maaf ya, mohon pencerahan juga dari yang lain :)

--
KM
untukurusanyangsatuinisayasenengdengannbarnyacisco