salam

ini pakai squid berapa ya ? kalo squid 3 saya juga mengalami hal yang sama.
pesan errornyapun sama dengan punya bapak padahal di squid.conf sudah saya set

http_port 3128 transparent

tapi begitu saya ganti dengan squid 2.7 tidak masalah. tidak tahu mengapa, tapi
ini menarik untuk dibaca http://wiki.squid-cache.org/Squid-2.7

btw, saya membaca ini
http://tldp.org/HOWTO/TransparentProxy-6.html
http://wiki.squid-cache.org/ConfigExamples/Intercept/IptablesPolicyRoute
yang intinya mark paket ke 80 lalu buat gateway untuk paket tersebut ke squid.
Apakah ini bisa dilakukan di mikrotik ?

kalau misalkan skenarionya squid box ada di dmz, dan antara dmz dengan jaringan
lokal ada mikrotik, maka untuk membuat ransparent proxy menurut poin 6.2
referensi http://tldp.org/HOWTO/TransparentProxy-6.html bagaimana ya ?

saya terjemahkan seperti ini di mikrotik, tapi tidak berhasil

ip firewall mangle add chain=prerouting in-interface=local protocol=tcp
dst-port=80 action=mark-routing new-routing-mark=toProxy passthrough=no

ip route add gateway=alamat-proxy routing-mark=toProxy disabled=no

lalu di squid box saya hanya melakukan redirect dari port 80 ke 3128

apakah di mikrotik cukup dua rule itu saja cukup ? atau ada yang kurang/salah ya
? sampai sekrang masih belum berhasil

wassalam

ic

--
Imam Cartealy
Linux registered user #481374

Surat elektronik ini bersifat rahasia dan bisa berisikan informasi yang bersifat
pribadi. Anda tidak diperkenankan untuk menggandakan, menggunakan ataupun
mengungkapkan surat elektronik ini dalam bentuk apapun kepada siapapun.
Penggunaan ataupun penyebaran surat elektronik ini dalam bentuk apapun kepada
pihak lain adalah diluar tanggung jawab penulis.

Surat elektronik ini termasuk tambahan yang diikutkan dalam surat elektronik ini
ditujukan hanya untuk penerima. Jika Anda bukan orang yang dimaksudkan oleh
penulis sebagai penerima surat elektronik ini, Anda tidak diperbolehkan untuk
mengambil tindakan apapun terhadap surat elektronik ini dan menunjukkannya
kepada siapapun. Jika Anda menerima surat elektronik ini karena kesalahan, mohon
beritahukan penulis dan segera menghapusnya.