On Sat, Sep 25, 2010 at 05:46:00PM -0700, Imam Cartealy wrote:

> salam
>
> saya pakai both address and ports.Logikanya, biar cukup acak (saya baca
> begitu
> di mikrotik). Tapi saya pikir kalau pakai ini berarti ada  kemungkinan untuk
> dst-port dan dst-address yang sama bisa melewati gw  yang berbeda, CMIIW,
> jadi
> saya bikin static route.

Memang pak.

> Apakah kalau hanya memakai both address tidak perlu dibuat static route ?

Mestinya sih tidak perlu.
Jika koneksi baru yang dibuat tidak pindah ip maka dengan classifier both
address tidak perlu buat static route. Tapi jika koneksi baru yang dibuat
menyebabkan pindah ip seperti beberapa kasus: download rapidshare, poker
zynga, game pointblank, maka harus dibuatkan static route berdasarkan
protocol dan destination ports.

Ini yang menyebabkan orang bilang loadbalancing pcc di mikrotik lebih
stabil daripada nth (mikrotik dan linux). Padahal itu sih tergantung
pemilihan classifier dan aplikasi yang digunakan (apakah download
rapidshare, poker zynga, game pointblank).

Sekedar nostalgia sewaktu saya masih awam dengan load balancing...
  http://www.mail-archive.com/tanya-jawab@linux.or.id/msg68351.html

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com