hai rekan2,

bulan lalu saya ada kesempatan untuk mencoba2 firewall appliance
dengan nama cyberoam, dan sempet evaluasi untuk internet content
filtering, ada fitur menarik yang saya rasa cukup berguna untuk
situasi di tempat saya, fitur itu adalah membind mac address ke user
yang bersangkutan, jadi skenario yang saya inginkan seperti ini

- ada user bernama hasan, dia mempunyai 3 device, laptop, ipad dan hp,
user hasan ini dia jabatannya manager
- untuk jabatan manager, sudah di set rule nya dia boleh akses ke
beberapa kategori situs
- hasan menyalakan devicenya dan melakukan koneksi ke internet ( ip
via dhcp ), dan hasan tidak perlu melakukan login
- sistem di gateway mendeteksi ada device dengan mac address 1234abcd ( misal )
- sistem di gateway akan memeriksa mac address 1234abcd ini punya user siapa
- sistem menemukan bahwa mac address 1234abcd ini punya user hasan
- sistem memperbolehkan user hasan untuk koneksi ke beberapa kategori
situs yang di perbolehkan

saya sudah coba mengkonfigurasikan squid dengan tambahan squid guard,
tapi masih belum menemukan cara authentikasi usernya yang bisa
otomatis berdasarkan lookup ke mac address, saya baru bisa berdasarkan
ip saja, walaupun bisa menggunakan user, tapi user harus melakukan
login terlebih dahulu.
ada g ya tools untuk authentikasi menggunakan mac address dan langsung
mengetahui usernya, sekarang saya lagi baca-baca server radius

memang dengan skenario diatas masih ada celah, user bisa saja
menduplikasikan mac addressnya, tapi dibandingkan dengan
kepraktisannya saya lebih memilih skenario diatas.

saya mohon bantuan dari rekan2, apakah ada yang pernah
mengkonfigurasikan sistem linux sesuai skenario diatas

Terima kasih