On Sat, Dec 24, 2011 at 08:11:32PM +0700, ardyan novanto wrote:
> Saya pengen bisa memantau suhu processor server saya yg ada di data
> center via konsole, pake program apa ya.?
> Kalo hdd sudah saya pasang hddtemp.
> Server pake centos 6

Pakai hddtemp bisa namun anda harus lakukan konversi dulu
dg alat pemantau suhu karena suhu harddisk memang selalu lebih
besar dr suhu kamar.

Kantor saya mempunyai 2 server centos 5.4 namun hasil
perintah hddtemp tidak memperlihatkan temperatur yg sama
di kedua server padahl posisi server berdekatan:

[yudi@server3 ~]$ hddtemp /dev/sda; hddtemp /dev/sdb
/dev/sda: ST31500341AS: 43°C
/dev/sdb: ST31500341AS: 38°C

[yudi@pc124-host ~]$ hddtemp /dev/sda; hddtemp /dev/sdb
/dev/sda: ST31000528AS: 31°C
/dev/sdb: ST31000528AS: 32°C

Ini saya lakukan saat hd kedua server tidak sibuk.

FYI, sebaiknya anda menggunakan output dari hddtemp untuk
membuat grafik seperti MRTG. Lebih baik lagi kalau pakai
rrdtool. Berikut ini tampilan temperatur QNAP dan
router mikrotik di ruang server dengan rrdtool.

http://img831.imageshack.us/img831/6584/tempnasmt.png

Saat QNAP yang berfungsi sebagai NAS aktif bakup data
besar maka temperatur pun naik, untuk itu saya menampilkan
pula temperatur router mikrotik sebagai pembanding.
Untuk memperoleh temperatur ruang server kurangkan
temperature mikrotik dengan 9 - 10 derajat.

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com