2012/2/24 tukang ketik <doeniam...@gmail.com>:
> dh delay pooler,
>
> saya punya koneksi speedy 2mbps, di share ada 25an client,
> bisa minta tolong gak ? setingan delay pool yg baik
> dan benar agar semua user lancar2 koneksi internet
> dan game online nya ?
>
> terimakasih banyak

maap, bukan mo bantu, cuman mo share aja..

speedy 2mbps stau aq itu up to, upload 512kbps download 2mbps (kdang
ada yg lebih 10% dari total b/w upto itu).

25 klien ?

itungan kasarnya, untuk download 2mbps ( 2048kbps)  : 25 = 81,92..
anggap 82kbps masing2 klien untuk donlod... (hari gini akses fb pake
b/w segitu ? untuk warnet ? pasti anda akan cepat di tinggal
pelanggan)

demikian juga untuk uploadnya (silahkan di hitung sendiri)...

untuk game ? katakanlah sekarang game online untuk FPS yg no 1
(katanya) PB, point blank... kalo pernah di liat berapa kebutuhannya,
pasti tau, rata2 untuk maen PB lancar (non donlod patch/update)
up/down 35kbps dengan toleransi 20%...

jadi ?

1. untuk game sama web browsing, speedy 2mbps untuk 25 user gak cocok ...
2. untuk web browsing saja, kurang cocok... (tetep maksa)
3. untuk game aja, kaya jawaban no 2

dipakein proxy ? tetep aja... anggap aja di pakein proxy efisiensi b/w
nya jadi 60%, tapi kalo dipakein game? yg maen game pada kabur deh....

saran aja.
speedy 2mbps untuk game dengan klien maksimal 12... ini juga pake
proxy, buat nge cache patch/update, dan beberapa situs pemakan b/w di
di blok.

kalo ada yang mo nambahin silahkan....