From: "Masim \"Vavai\" Sugianto" <va...@vavai.com>
To: tanya-jawab@linux.or.id
Date: Wed, 28 Mar 2012 21:37:05 +0700
Subject: Re: [tanya-jawab] STARTTLS
2012/3/28 MYA Putra <yaspu...@yahoo.co.id>

> Rekan milis,
>
> Ada box dengan MTA postfix. Box ini tidak ada network card jadi tidak koneksi
> ke LAN dan hanya ingin mengirim mail dengan koneksi PPP.
>
> Setiap kirim mail selalu fail kembali ke direktori /var/mail dengan error:

> Dimana salahnya? Mungkin ada teman bisa kasih solusi. TIA.

Maaf bumping, mumpung masih setopik.

Saya pakai mutt dan postfix untuk kirim email. Server relay-nya ke
Gmail dengan satu akun, sementara di Gmail sendiri sudah diberi
setting 'send mail as' untuk alamat-alamat lainnya.
Masalahnya sekarang saya selalu gagal kirim ke milis ini karena user
untuk relay di Gmail tidak terdaftar di milis. Saya sudah kirim dengan
alamat yang subscribe tetapi masih ditolak karena sender-nya masih
terisi nama user untuk relay Gmail. Dari searching sebentar ternyata
memang secara default Gmail menulis ulang alamat sender.
Selanjutnya coba-coba pakai map generic, dengan alias lokal
dipasangkan ke alamat email ini, tetapi yang ini malah nggak berefek
sama sekali. Alamat pengrim (From:) tetap memakai username relay
Gmail.

Mungkin untuk field 'sender' sudah tidak bisa diakali lagi, tetapi
kira-kira apa yang menyebabkan map generic tidak berfungsi sebagaimana
mestinya? Untuk konfigurasinya, saya ikut dari petunjuk di sini:
http://serverfault.com/questions/249636/postfix-relays-via-gmail-from-email-is-wrong

Trims

--
Kekejamanmu menjadikanmu tampak indah di mataku, Ryougi Shiki...