----- Original Message -----
From: "Mia" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Friday, June 17, 2005 4:03 AM
Subject: [wanita-muslimah] Re: Interaksi sesama Umat Islam

> hehe...pak Ary, kalimat berikut bisa tolong dijelaskan lagi nggak,
> kayaknya aku nangkep tapi nggak yakin:

Hehehehehehe memang pas nulis paragraf ini agak mumet dan butuh waktu agak
lama.
Bolak-balik kata dan kalimat, ada yang nggak ketemu katanya.
Lalu ada yang nggak ketemu susunan kalimat yang lebih pas.
Tapi karena kesempatan mbalesnya cuman saat itu, ya dikirim saja.

Sekarang pas lihat lagi dg kondisi lebih seger, sebetulnya bisa lebih baik.
Sorry ya...

Ide paragrafnya adalah:
Kadang-kadang pada saat kita berdiskusi, kita sudah punya setting ttg posisi
lawan diskusi.
Apakah lawan diskusi kita akan menjadi oposisi , netral ataupun sekutu dll.
Setiap lontaran dari lawan diskusi biasanya ditangapi dengan dasar setting
itu.
Jika kita tidak dengan tulus (nah ketemu deh kata-nya he he he he)
betul-betul berusaha mendengar dan memamahi apa yang lawan diskusi kita
maksudkan serta meng-adjust setting di atas terus menerus selama berdiskusi,
kita pada hakekatnya berdiskusi dengan lawan yang hanya ada di kepala kita.
Lawan yang seakan-akan nyata tapi pada hakekatnya tidak ada selain di dalam
kepala kita.

Contohnya:
Jika dari awal kita sudah ngecap lawan diskusi kita termasuk golongan
orang-orang "fasik".
Kata-kata "Akal di atas Wahyu" kira-kira akan bermakna sama dengan perbuatan
tentara Amerika yang menaruh AlQuran sbg kertas toilet. he he he he he he.
Punya setting awal seperti di atas biasanya tidak bisa dihindari dan
boleh-boleh saja. Mungkin karena sejarah diskusi dengan orang tsb. Tapi
setelah kaget dg. kalimat "Akal di atas Wahyu", dalam berdiskusi tetap perlu
untuk melihat argumen-argumennya dan mengubah setting tadi sesuai dengan
perkembangan diskusi. Saya kira kalimat "Akal di atas Wahyu" itu terlalu
singkat untuk bisa menyimpulkan ttg posisi lawan diskusi.

Nah kira-kira gitu deh, mbak Mia.
Harusnya gimana ya nulis semua di atas dalam satu kalimat?
he he he he...saya masih bingung juga ternyata.

Salam
Ary

> Salam
> Mia
>

> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ary Setijadi Prihatmanto"

> keduanya
> bertentangan.
> SINGKATNYA.
> memberi

> WM FOR ACEH
> Bantu korban bencana gempa dan tsunami di Aceh dan Sumatra Utara!
> Rekening BCA Kantor Cabang Pembantu (KCP) Koperasi Sejati Mulia Pasar
Minggu No Rek. 554 001 4207 an. Herni Sri Nurbayanti.