FYI,
Baru beberapa bulan lalu di Pikiran Rakyat ada diskusi menarik ttg sunda dan
kesundaan.
Ada beberapa point yang menarik ttg DI/TII. Banyak versi.
Saya kutipkan versi yang berbeda agar menjadi penyeimbang dari :
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0405/27/0801.htm

" Keempat, masalah DI/TII. Catatan yang keempat ini merupakan catatan
terakhir yang ingin disampaikan untuk tulisan Prof. Dr. Didi Turmudzi;
karena DI/TII disatunapaskan dengan K.H. Zaenal Mustafa dan pejuang-pejuang
lain dalam mempertahankan NKRI. Dari kacamata politik, berdirinya DI/TII
bukan berada pada garis NKRI, sebab apabila berada dalam garis NKRI ketika
semua negara bagian bergabung kembali kepada negara Republik Indonesia,
DI/TII seharusnya membubarkan diri dan tidak terus melakukan perlawanan.
Apalagi, ketika tentara Siliwangi yang kembali ke Jawa Barat, karena merasa
tak ada gunanya berada di Yogya setelah menumpas pemberontakan PKI,
seharusnya menyambutnya dan bergabung untuk meneruskan perjuangan bersama
bukan melawannya.

Dari kacamata Islam, betulkah mereka ini berjuang untuk menegakkan Islam,
sementara tindakan-tindakannya justru memerangi orang-orang Islam? Islamikah
ketika orang-orang Islam dibantai DI dalam peristiwa Bugel, Sumedang, di
Rajagaluh, Majalengka dan lain sebagainya? Ada orang yang menjelaskan kepada
penulis, bahwa perisitiwa-peristiwa tersebut bukan dilakukan oleh DI/TII
tetapi oleh PKI. Betulkah? Atau memang tak ada beda antara DI/TII dan PKI?

Khusus mengenai hal ini penulis punya dua catatan yang sebaiknya dikaji
lebih lanjut oleh Prof. Dr. Didi Turmudzi yaitu catatan sejarah dan ijtihad
Islamiah. Menurut catatan sejarah, Sekarmadji Maridjan Kortosuwiryo
memproklamasikan DI/TII di Jawa Barat, setelah ia terlempar dari SI Merah
digantikan oleh Semaun dalam kongres tahun 1948. SI Merah adalah pecahan SI
yang dikenal sebagai SI berhalauan komunis. S.M. Kartosuwiryo dan Semaun
merupakan dua tokoh komunis yang cemerlang, tetapi mereka bersaing keras,
karena perbedaan visi yang mendasar.

Berbekal eks sekretaris jenderal SI inilah S.M. Kartosuwiryo membujuk pada
ulama Jawa Barat untuk memproklamasikan DI/TII. Sementara dari ijtihad
Islamiah, penulis ingin menyampaikan dalam bentuk pertanyaan, Muslim seperti
apa namanya yang percaya bahwa wahyu bisa turun selain kepada nabi dan
rasul? Sementara pengikut DI/TII yakin bahwa S.M. Kartosuwiryo memperoleh
wahyu Tjakraningrat untuk mendirikan DI/TII/NII. Kalau ada alibi bahwa wahyu
Tjakraningrat bukan wahyu Ilahi, lalu Muslim apa pula namanya yang percaya
kepada Tuhan selain Allah?"

Wallahua'lam bishowab
Wassalam
Ary