Mbak Alvi,

Insya Allah saya tidak perduli disebut apa pun mbak.
Tuh barusan ada yang bilang saya itu "hanya cari muka menjadi pembela HAM".
he he he he...
Padahal menurut saya, yang saya bela itu bukan HAM,
tapi prinsip dasar Islam yaitu berlaku ADIL dan jalan Islam yang lurus,
syahadah yang tidak ditambah-tambah atau pun dikurangi (ceileee...he he he)

Semakin lama, saya merasa betapa mudahnya tergelincir dalam isme-isme spt.
yang ustady Chodjim bilang.
Semakin mudah untuk membuat dikotomi antar isme. Berdebat ttg isme mana yang
lebih mulia bukan pada bekerja membuktikan kemuliaannya. Padahal semuanya
hanya ilusi.
Iblis itu juga hanya bicara dikotomi antara "adam" atau "iblis" yang lebih
mulia dari sisi zat saja?
Bukankah hanya karena itu, iblis jadi bintangnya makhluk Tuhan ;)

Saya selalu berusaha percaya bahwa orang itu maksudnya baik.
Saya juga percaya ketulusan mbak Alvi.

Nah, kalau kita mencoba menempatkan diri di tempat orang.
Maka kita akan lihat ketulusan yang sama pada banyak orang yang kita anggap
bersebrangan.
Di kasih label itu ngga enak, apakah itu fundies, liberalist, kafir, nabi
palsu.
Orang yang bersedia dilabeli walaupun sebetulnya berat itu simbol ketulusan.
Lalu "Siapa sih kita ini, berani menghakimi seseorang".
Secara personal mungkin boleh-boleh saja,
tapi ketika bicara komunitas kita perlu bicara hukum yang adil.
Hukum yang memastikan bahwa keadilan berlaku untuk semua,
apakah saat kita jadi mayoritas maupun minoritas.

Salam
Ary