Abah, katanya salah satu Qur'an diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw
dengan cara wahyu datang kepada Nabi Muhammad saw seperti kemerincing
lonceng dan cara ini yang dirasa terberat menurut Nabi. Nah dalam
kasus ini bagaimana bentuk wahyu yang sampai kepada Nabi?

Chae

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "H. M. Nur Abdurrahman"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Penjelasan lebih lanjut pakai diagram input-proses-output
>
>             x============x
>             |            |
> input ----->|   proses   |----->output
>             |            |
>             z============z
>

> Ini menurut Fazlur Rahman: "both the Word of God and the word of
Muhammad" = "the Qur'an is entirely the word of God and, in an
ordinary sense, also entirely the word of Muhammad."

>             x=============x
> non-verbal  |   proses    |
> spirit----->|menterjemah- |----->teks Al-Quran
> wahyu       |kan oleh Nabi|
>             z=============z
>
> Maka olah otak Fazlur Rahman yang berolak dari asumsi spekulasi
intelektual wahyu yang non-verbal membuahkan output entirely the word
of Muhammad yang berupa teks memprovokasi "textual criticism" untuk
al-Qur'an. Di sinilah bahaya output olah otak Fazlur Rahman terhadap
aqidah ummat dalam kalangan intelektual Mislim, memposisikan akalnya
di atas Al Quran dengan "textual criticism" atas Al Quran yang
"frankly speaking, digandrungi oleh yang menamakan dirinya Islam Liberal.

> Mengherankan, mengapa Fazlur Rahman sepertinya tidak faham ttg
Hadits Qudsi. Padahal yang spirit wahyu itu adalah dalam hal Hadits
Qudsi, yaitu Hadits yang dinisbatkan kepada Allah SWT. Status Hadits
Qudsi tidak berbeda dengan Hadits2 lainnya. Diterima (maqbul) dan
ditolak (mardud) dengan mengikuti ke-tsiqat-an rawi.  Ada yang sahih,
hasan, dha'if bahkan palsu.

> Contoh Hadits Qudsi yang shahih:
> Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda: Allah
s.w.t berfirman kepada Malaikat pencatat amal: Apabila hambaKu berniat
ingin melakukan kejahatan, maka jangan lagi kamu menulisnya sebagai
amalan kejahatan. Apabila dia melakukannya barulah kamu menulisnya
sebagai satu amalan kejahatan. Jika hambaKu berniat ingin melakukan
kebaikan, tetapi dia belum melakukannya, maka catatkanlah sebagai satu
amalan kebaikan. Jika dia melakukannya maka catatkanlah kebaikan itu
sepuluh kali ganda
> Ref :
> Bukhari (Kitab Iman, hadits no. 40; Kitab Tauhid, hadits no. 6947)
> Muslim (Kitab Iman, hadits no. 183)
>
> Contoh Hadits Qudsi palsu adalah cerita Nabi Musa a.s. dan pemuda
berorang tua babi.

> Jadi kritik atas Hadits sudah sejak lama dilakukan, baik matan
maupun substansinya. Ilmu kriril Hadits itu disebut Ilmu Mushthalah
al-Hadits.

> Secara diagram, Hadits Qudsi dipaparkan sebagai berikut
>
>             x=============x
> non-verbal  |   proses    |
> spirit----->|menterjemah- |----->Hadits Qudsi
> wahyu       |kan oleh Nabi|
>

> Coba ingat, wahyu dalam paket ayat S. Al 'Alaq, (96:1-5), yaitu
wahyu yang mula-mula diterima oleh Nabi Muhammad SAW, yang dibacakan
oleh malaikat Jibril AS, yang ikut dibaca oleh beliau, adalah sudah
berwujud teks.

Eyang itu