Pada tanggal 9/27/05, [EMAIL PROTECTED] <
[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> LSI? Untuk masalah partai, siapa partai pemenang dan presidennya? Itu
> lebih masuk akal mas, daripada polling masalah seksual. LSI langsung
> melakukan sebaran sampel dari lapangan langsung yang di bagi di beberapa
> daerah dan tps. Tentu hasilnya lebih jos. Semakin dekat dengan sumber
> populasinya, ya semakin dekat dengan kebenarannya.... Oke?

Yang saya maksud itu jajak pendapat semasa kampanye (bukan 'quick count'),
bos.
Seberapa besar efek balik dari jajak pendapat terhadap perilaku
pemilih/publik
di Indonesia? Gimana dengan publik di LN?
Pola serupa (efek balik) juga bisa 'diterapkan' pada jajak pendapat/survey
di bawah
(soal seks).

Btw, ada yang tahu hasil pemilu di LN (belum lama ini di Jerman) hasilnya
statis gak
seperti di Indonesia? Untuk pemilu di Indonesia, misalkan dari 4 kandidat,
sejak hari
pertama sampai disahkan hasilnya 10%, 20%, 30%, 40%. Paling naik turun +/-
1%.
Data yang masuk bisa 'stabil' kaya' gitu.. Ada yang bisa jelasin secara
ilmiah? :-)

Anda bilang semakin dekat dst (normatif), pertanyaan saya di bawah, yang
dilakukan
LSI kemarin dekat dengan sumber populasinya atau tidak? :-)
Eh sekarang LSI masih ada gak ya? Atau hanya _berubah singkatan_ doank?

Salam,
> chodjim

Wassalam,

Irwan.K