Pak Chodjim,
Satu kata saja sih cukup tentang usulan peraturan itu 'stupid idea'.

Pak Ayeye dan Pak Chodjim sudah berdiskusi dengan cerdas dan
komprehensif mengenai that stupid idea. Apa yang ingin saya katakan
sudah terwakili disitu.  Saya bilang 'stupid idea' dalam bahasa
Inggris, karena saya nggak bisa mengekspressikannya dalam bahasa
Indonesia, dimaksutkan untuk ungkapan yang ekspressif tapi sedikit
jenaka.
Istilah 'stupid idea' dalam ungkapan Inggris nggak jelek-jelek amat
dibandingkan kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Nggak jelek-jelek amat, karena emang kita sering bikin peraturan
atau hukum yang aneh-aneh kok, dimana-mana begitu. Kalau baca hukum
Amerika yang kuno dan kadaluwarsa tapi masih belum direvisi karena
nggak ada keperluan, banyak yang aneh dan lucu and...stupid...:-)

Makanya saya usulin, kalau nggak bisa dibendung, usulan saya sebagai
bentuk kompromi adalah nominal pembayarannya satu dollar --> saya
serius dengan yang ini. Satu dollar adalah nominal sebagai tanda
goodwill.

Eh, jangan-jangan kalau beneran satu dollar pada nggak mau ngurusin
pp-nya, habis kering duitnyah....

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mbak Mia,
>
> Seharusnya kita berpikir "one by one". Ada muth'ah, sirri, kompol
kebo and ing eng itu masing-masing harus mendapatkan penanganannya.
Kontrol reproduksi ya harus melalui KB, jangan disamakan
dengan "usaha memberikan perlindungan". Lembaga juga jangan
disamakan dengan "patriarki".

> Kalau, saya lho..., semua saya lihat... jadi kita harus "broad
spectrum". Lalu, bila ada usulan atau wacana, maka kita tidak harus
menentangnya begitu saja. Kita coba lihat, kita pelajari, kita
analisis, lalu kita telusuri untung-ruginya, sejahtera atau aniaya
yang ada. Bilamana aturan deposit itu lebih banyak mudaratnya yang
akan timbul, MAKA kita stop wacana tersebut dan tidak perlu
digulirkan lebih lanjut.

> Lha, kita ini belum apa-apa sudah alergi, gitu lho.... Maka jangan
heran bila di zaman Umar bin Khattab, para pria Arab dilarang
mengawini non-Arab. Umar tahu kalau pria Muslim halal mengawini
perempuan non-Muslim. Tapi, mengingat mudaratnya lebih besar untuk
membangun kekhalifahan yang jaya, maka laki-laki muslim hanya
diwajibkan mengawini perempuan muslim sahaja....

> Salam,
> chodjim

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/aYWolB/TM