Saya pengen ikut nimbrung sedikit, Mbak Herni :-)

Dalam masrakyat Eropa tentu ada masalah dengan HAM seperti rasisme dan
terjadi tindakan kriminal dan kejahatan. Sebagian masrakyat memandang
para imigran seperti penalu yang menghabiskan uang negara dan
pandangan itu sering bersifat memukul-rata tanpa melihat situasi
masing-masing anggota masrakyat, kecuali penampilan fisik luar. Kalau
saya pribadi mengassumsikan bahwa mayoritas dari mereka yang melihat
semua imigran dengan kaca mata negatif berdasarkan sterotype itu
cenderung bukan termasuk kontributor pajak yang besar. Kemudian emosi
tersebut juga suka dieksploitasi oleh individu politikus serta partei
politik tertentu.

Seharusnya kita bisa berharap bahwa di masrakyat Eropa, rasisme justru
sudah boleh dikatakan menghilang, karena bentuk masrakyat pada
umumnya, bahkan sampai ke sebagian kampung-kampung, sudah bersifat
heterogen (campuran). Sedangkan sifat heterogenitas seharusnya
menyebabkan agar para anggota Eropa sudah saling lebih mengenal dan
lebih hidup bersama (bukan hanya berdampingan) serta lebih toleran -
seharusnya, tetapi belum menjadi kenyataan secara keseluruhan-.

Tetapi saya juga bisa melihat sisi lain dengan lebih menjadi optimis,
yaitu sebagian rasisme akan bersifat temporer dan kemudian hilang
setelah proses asimilasi dan integrasi antara pendatang dan penduduk
selsesai. Contohnya, tahun awal 80an banyak warga dari Sri Lanka
datang ke Eropa dan diberikan izin tinggal sementara karena keadaan
politis di Sri Lanka pada waktu itu. Semulainya banyak masrakyat
setempat memprotes keberadaan para pendatang dari Sri Lanka, hingga
kata "Tamil" digunakan sebagai kata jelek dan banyak lelucon pula yang
lahir di saat itu dengan tujuan melecehkan para pendatang dari Sri
Lanka. Ternyata para pendatang baru bukan termasuk orang yang malas
atau penalu (seperti sering digambarkan pada waktu itu), tetapi mereka
mulai bekerja dan berasimilasi dengan baik, meskipun dengan tetap
memelihara kebudayaan mereka. Suatu saat waktu pemerintah di salah
satu negara Eropa ingin mengusir sebagian penduduk asal Sri Lanka
karena masalah perizinan, malahan masrakyat lain turun ke jalan sambil
memprotes, terutma dari kalangan pengusaha. Akhirnya pemerintah harus
mengalah dan membatalkan pengusiran. Sekarang boleh dikatakan tidak
ada pendapat negatip lagi yang moncol tentang masrakyat Eropa yang
dulu datang dari Sri Lanka.

Harapan saya dengan nanti mudah-mudahan bergabungnya Turki dengan Uni
Eropa, masrakyat Eropa akan menjadi lebih akomodatif terhadap sesama
warga yang beragama Islam dan itu kemudian akan memberi signal yang
kuat terhadap ekstrimisme dan fasime, baik yang bertumbuh atas rasisme
dan/atau ideologi agama.

Salam,
ayeye

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Herni Sri Nurbayanti"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana nasib cewe berjilbab yg dari
> negara lain spt indonesia misalnya, yg memang memilih jilbab sbg suatu
> pilihan yg merdeka di negara spt Perancis dan Belanda yg melarang
jilbab?

> Apalagi bila komunitas masyarakat Eropanya sendiri tidak bisa
> membedakan antara muslim Turki, Maroko dan Melayu (Malaysia &
> Indonesia) :-D. Pernah suatu kali teman diomelin nenek2 yg mengatakan
> (terjemahan bebas), dasar orang turki.. imigran.. datang kesini jadi
> pengangguran... ngabisin duit pajak kita aja. Kira2 begitulah. Padahal
> [...]

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/aYWolB/TM