Mbak Mei,

FYI, pada kehamilan anak kedua, istri (diantar) saya hanya memeriksakan
kandungan
pada bidan. Baru melakukan kontrol ke dokter kandungan saat usia kehamilan
6-7 bulan.
Saat itu dokter menyatakan posisi calon bayi belum pada posisi yang
sewajarnya
(kepala di bawah) - tetapi masih melintang/menyamping.

Akibatnya dokter tadi memberi 'pr' pada istri saya untuk sering" melakukan
posisi
'nungging' (mirip sujud) namun (+/-) kepala menghadap ke samping dan kaki
lurus
membentuk sudut ( /\ ). Kebetulan istri saya ini biasa mengerjakan pekerjaan
rumah
tangga, jadi dia sengaja melakukan banyak 'latihan', mis: membawa air dari
rumah
kakak ipar ke rumah kontrakan; atas inisiatif dia sendiri. Meskipun
sebenarnya saya
sendiri juga melakukan hal itu. :-)

Waktu itu kami masih mengontrak dan air di kontrakan tidak layak untuk
diminum.
Termasuk juga mengepel lantai, mengantar belanja kakaknya, dsb. Hal" itu dia
lakukan
dengan harapan terjadi perbaikan posisi dari si calon bayi. Menurut
pengetahuan kami,
setidaknya itu melatih otot" tubuh ibu (hamil) menjelang kelahiran; sehingga
tidak kaku;
karena kurang gerak.

Tentunya itu semua di luar do'a kepada Allah. Satu hal yang istri saya tidak
lupa lakukan
adalah mengajak calon bayi berdialog. Istri saya katakan, 'Dede, kamu
lahirnya yang
normal ya.. daripada uang untuk lahir operasi, mendingan juga untuk biaya
aqiqah-an..'
Hehehe.. Alhamdulillah, dengan ijin Allah, pada akhir bulan ke-8, dokter
menyimpulkan
(lewat USG), posisi bayi sudah normal.

Meski begitu, kalau sampai dekat waktu kelahiran posisi bayi masih seperti
itu juga,
barangkali pengalaman adik ipar saya bisa dijadikan masukan. Kalau operasi
caesar
tidak bisa dihindari, usahakan mengambil 'paket kelahiran' dari bidan.
Maksudnya, minta tolong ke bidan untuk bisa membantu kontak ke RS hanya
sebatas
operasi saja. Selepas operasi (tidak perlu menginap), dengan ambulan,
langsung
dirawat di bidan kembali. Hal ini untuk mengurangi biaya dari sisi
'ruangan'.

Mudah"an info ini berguna.
Wallahu a'lam.. CMIIW..

Wassalam,

Irwan.K

------
Pada tanggal 10/20/05, L.Meilany <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> Permohonan doa dan sekedar informasi medis dari seorang dokter mengenai
> masalah bayi sungsang.
> Insya Allah, kiranya bermanfaat bagi Ibu-Ibu yg sedang hamil.
>
> l.meilany

Click here to rescue a little child from a life of poverty.
http://us.click.yahoo.com/rAWabB/gYnLAA/i1hLAA/aYWolB/TM