Wah, barusan salah kirim.

Pak Sabri, bentuk ilusi (zhan) itu banyak tapi ide kesetaraan
bukannya ilusi. Tuhan Maha Egalitarian mestinya dalam asmaul husna.
Nggak mungkin kan kita mengatakan bahwa kesetaraan atau
egalitarianism itu cuma ilusi?

Takdir bukanlah suatu konsep yang bisa 'diajarkan'
atau 'didiskusikan' apalagi 'dilawan'. Takdir adalah kesadaran yang
mendalam pada sesuatu dengan 'apa adanya'.  Legowo. Titik.

Anda sudah mengakui, untuk menghindarkan determinism nggak fair
beralih ke determinism yang lain. Dengan kata lain two wrongs won't
make a right. Tapi pada saat yang sama kita mengakui keberadaan
determinism ini.

Yang saya tawarkan adalah semacam pengertian terobosan yang
diharapkan bisa mencairkan kubu-kubu determinism itu. Dan ini
dimungkinkan dengan teknologi dan wawasan baru.

Kunci katanya ULTIMATE dan PROXIMATE, GENERAL dan VARIAN. Yaitu
bahwa genetika mencerminkan kemanusiaan kita dalam pola seleksi
alami yang universal dan umum, secara ultimate. Kalau seleksi alami
yang membantuk 'manusia' secara umum ini kita golongkan sebagai
determinant, ya boleh saja. Dengan kata lain secara PUKUL RATA kita
nggak bisa menghindarkan seleksi alami (pola determinant)

Pada saat yang bersamaan genetika mencerminkan kita dalam varian
individu secara khusus, dan proximate. Dengan kata lain, yang ada
adalah keragaman individu yang nyaris tanpa batas.  Nggak ada single
determinant.  Dan varian ini pasti kita punyai sekarang, wong masing-
masing kita yang punya gen-gen itu kok.

Namun demikian, nggak ada dikotomi kaku antara proximate dan
ultimate, antara determinant dan keragaman.  Karena perubahan fisik
(i.e evolusi) terjadi pada level genetika individu, dan perubahan
wawasan sosial pastilah mulai pada sekelompok individu.  Yang
apabila ini menjadi kumpulan-kumpulan individu yang terus berkembang
dengan pola tertentu, terjadilah seleksi alami. Bisa dimengerti
kesinambungannya?

Contoh pertama yang anda sebutkan, kok kayak social engineering,
karena menyangkut program pendidikan publik (?).  Maapin nih, tapi
Hitler kan begitu konsep awalnya - bahkan kemudian diikuti dengan
genetic engineering yang nggak manusiawi. Idenya adalah untuk
membuat 'designer baby' dari awal, ketimbang melakukan social
engineering yang lebih sulit.

Nah, contoh yang kedua itu bukan social engineering, tapi pribadi-
pribadi yang dibiarkan untuk memilih dan menemukan dirinya sendiri.
Ini adalah sikap pragmatis (proximate), cocok dengan chemistry
individu yang mengenal dirinya sendiri itu.

Keliatan kan bedanya? Adalah suatu ilusi (zhan) mengaplikasikan
seleksi alami yang umum secara determinis dalam konteks sosial yang
rigid, yang berhubungan dengan keputusan dan perkembangan pribadi.
Apakah itu menghemat biaya, tenaga dan waktu? Mungkin sekali, tapi
resiko kan bukan cuma disitu saja.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "st sabri" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
> tipu agar menjadi insdustriawan, sangat berbahaya karena bisa
menilep
> kredit bank yg didapatkannya dengan cara amat canggih :=)) dan
sulit
> ditangkap.
>
> Alih-alih menghabiskan dana untuk mempengaruhi bakat genetik,
> bukankah lebih aman menghabiskan dana untuk mengikuti bakat
genetik
> dengan acuan positif secara sosial. Ide kesetaraan jangan-jangan
> memang sebuah utopia, atau ilusi saja. Bukankah lebih efisien
> membiarkan ketidak setaraan dan menemukan cara bagaimana
menjadikan