Bapak Chodjim yang saya hormati,

  1. Untuk yang Hadits Bukhari, mungkin bisa ditunjukkan pertentangannya dengan
Al-Qur'an Pak, khususnya tentang peperangan di akhir jaman!
  2. Pak bukankah berhukum dengan hukum Allah artinya kita itu tunduk dan taat
pada Al-Qur'an dan Assunnah? Mungkin memang tidak secara terang-terangan
dikatakan Khilafah, tapi apa mungkin Manhaj Nubuwwah bisa diaplikasikan pada
pemerintahan yang sekuler?
  Mungkin baru itu pertanyaan saya Pak, terimakasih.

[EMAIL PROTECTED] menulis:
  Mas Bejo,

Ini saya berikan pemahaman tentang Hadis agar tidak mudah keliru dalam berhadis.

(A) Yang Sahih
Yang sahih dan tidak diperselisihkan lagi itu cuma Alquran. Bukhari memang
dikenal sebagai sumber atau perawi hadis yang otoritatif. Namun, sebagai
manusia, Bukhari pun tidak luput dari kelemahan dalam menyaring hadis. Ada 600
ribu yang disaring beliau, dan kurang lebih 2600 hadis yang dianggap sahih oleh
beliau sendiri. Namun, untuk hadis-hadis yang mengenai gender, quraisy, suku
bangsa dan politik, banyak kita temukan kejanggalan bila dilakukan "crosscheck"
dengan Alquran.

(B)Berhukum pada Allah
Benar, ucapan Bejo tersebut. Tapi, jangan lupa, kita juga harus tahu apa yang
dimaksud dengan hukum Allah itu. Jadi, jangan dicampuradukkan antara perintah
berhukum kepada Allah dan hasil simpulan sampeyan tentang pengertian "berhukum
pada Allah".

Kalau saya katakan "kekhalifahan" itu obsolet, karena tak ada perintah
membangun kekhalifahan di dalam Alquran. Ini harus dipahami benar-benar.
Kekhalifahan hanyalah produk sejarah!

(C) Menanam Pohon Gharqad.
Hehehe.... rupanya sampeyan termakan isu armagedon.
Saya beri tahu ya Mas, yang mau diobok-obok itu ya kepulauan Nusantara ini.
Karena negeri ini menggiurkan sekali bagi bangsa asing, termasuk orang-orang
Yahudi...