Mba Aisha,

terima kasih lagi, lagi-lagi terima kasih atas insight-nya. rasanya saya
tidak melihat di pihak keluarga almarhum yang di indo itu dizalimi, selain
dari fakta bahwa 'zalim' nya almarhum adalah tidak menceritakan adanya
kerabat/keluarga/filial lain di negeri jiran. apa ada statement bhw sikap
almarhum itu zalim? tapi ya mba benar, lebih mudah menuduh dan menuding
outward daripada inward.

kalo memang zina dan taadud/poligami (kesalahan teknis ni, islam tak
mengenal poliandri, jadi harusnya poligini, jadi gak rancu)/kawin lagi sama,
ya sudah, tak perlu ada 'bedanya' lagi. kalo memang ada bedanya ya ndak sama
toh mba. saya hanya ingin menegaskan bahwa yang mba maksud itu bukan
rukhshah/keringanan/kemudahan 4jji yaitu hukum taaddud melainkan perilaku
atau praktek nya kan? aku sih gak sampe ya menyamakan hukum 4jji yang
membolehkan dan melarang dua hal yang jelas berbeda.

salam,

satriyo