Terimakasih Mas Satriyo, mengena sekali. Memang lagi ngetrend sekarang
menafsiri Al-Qur'an dan Assunnah secara wudelnya dhewe-dhewe, kalau meminjam
istilahnya Pak Yos.
  Jadi inget orang Yahudi yang dilarang bekerja di Hari  Sabtu tapi ngeyel.
Akhirnya dikutuk jadi kera.
  Untungnya para "Ngeyelers" nggak dikutuk ya. Semuanya akan di bales ntar di
kehidupan selanjutnya.

satriyo <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
  Mas Aman,

sebagaimana mas Oman, saya juga sangat senang dengan postingan mas Aman kali
ini.

perkenankan saya untuk sedikit saja menanggapi paragraf berikut ...

On 1/19/06, Aman FatHa wrote:

> [...]
> bahasa wahyu. Ketika si A mengatakan, "Saya minum menggunakan gelas", belum
> tentu si B yang mendengar bisa menangkap secara persis apa "gelas" yang
> dimaksud oleh si A. Bisa saja si B menafsirkannya dengan "gelas" yang sudah
> ia kenal dan biasa digunakan dalam komunitasnya dan ternyata berbeda dengan
> "gelas" pada komunitas si A. Namun secara umum, keduanya masuk dalam lingkup
> petanda yang disebut dengan "gelas". Bayangkan saja jika pihak pembicara itu
> adalah Tuhan dalam teks yang kita sebut dengan wahyu.

inti dari paragraf mas ini -- cmiiw -- adalah bahwa bahasa sangat berperan
dalam menentukan bagaimana manusia memahami (persepsi) sesuatu. lalu mas
Aman menyinggung sedikit bahwa jika sesama manusia saja sedemikian pelik,
bagaimana jika komunikan-nya adalah Allah yang melakukan komunikasi berupa
wahyu pada manusia. Dengan kata lain, sangat mungkin terjadi mispersepsi
atau setidak mulitpersepsi atas materi komunikasi dari komunikan yang adalah
Allah kepada manusia. Alasannya -- cmiiw -- karena tidak mungkin manusia
'bisa' memahami 'bahasa' Tuhan.

Dari apa yang saya pahami, justru sebagai yang Maha segala, Allah tentu tahu
bagaimana proses manusia berpikir/bernalar, termasuk tentu bagaimana manusia
mengungkapkan hasil nalat itu dalam bentuk bahasa. Artinya tidak mungkin
yang Maha segala, Allah, akan mengkomunikasikan sesuatu pada manusia yang
manusia itu tidak bisa menangkap 'pas persis' apa yang ingin disampaikan
Allah. Memang, untuk ini Allah khusus mendelegasikan 'tataran' khusus dari
kalangan manusia, yaitu para Nabi dan Rasul yang tugasnya adalah
menyampaikan dengan tepat wahyu Allah untuk manusia. Tidak hanya Allah
memastikan para delegasinya itu 'memverbalkan' dengan pas wahyuNYA, tapi
juga memberikan penjelasan, baik verbal ataupun non-verbal agar tingkat
akurasi pemahaman dan persepsi manusia bisa 'pas' dalam menerima apa yang
Allah wahyukan. Bahkan dalam menerima wahyu, Allah sudah memastikan, ada
mekanisme khusus yang berika kepada para delegasiNYA itu agar apa yang
keluar dari tindak-tutur mereka itu 'terjamin' dan bebas dari 'nafsu'
(=subjektifitas pemahaman/persepsi) para delegasi.

Jadi, menurut saya, jika ada beda persepsi dalam memahami satu hal, yang
jadi masalah bukan bahasanya, bukan pula bagaimana manusia mempersepsikan
(secara objektif) sesuatu yang dimaksud dalam bahasa tertentu, tapi ada
faktor lain pada diri manusia itu yang mempengaruhi persepsinya secara
subjektif, sesuai 'nafsu' nya. misalnya, untuk hukum jilbab. bagi yang tidak
nyaman, maka akan ada persepsi lain yang dipilih untuk memastikan bahwa
jilbab tidak wajib sehingga, misalnya, istrinya atau anak perempuannya yang
tidak berjilbab akan 'bebas' dari kewajiban itu. juga mungkin dengan hukum
rokok, misalnya.

Dalam persoalan niat shalat misalnya, dalil yang digunakan adalah hadis Nabi
> [...]
> makna yang dimaksud. Namun dalam bahasa Arab, lebih khusus lagi mengambil
> kesimpulan hukum dari teks itu, tidak segampang itu. Dalam kaidah Nahwu
> misalnya, teks hadis adalah struktur yang terdiri dari mubtada khabar
> (Subjek Predikat; nominal). Predikatnya adalah Jar dan Majrur (bin niyat)
> yang dalam Nahwu disebut dengan Syibh Jumlah, bukan Jumlah (kalimat
> lengkap). Dan dalam struktur Nahwunya, Jar Majrur tidak bisa menjadi Khabar
> sendiri, maka dinyatakan adanya Predikat yang dibuang yang dalam kaidah umum

saya sendiri melihat, untuk hadis di atas, dari riwayat Umar, sesuai
persepsi saya tentu, bahwa setiap tindakan itu sangat dipengaruhi oleh
tujuan apa tindakan itu dilakukan. kan masih ada kelanjutan dari hadis
tersebut yang jelas menggambarkan apa yang dimaksud oleh penggalan yang man
kutip di atas. jadi jika lengkap membaca keseluruhan hadis itu sekaligus
juga tahu latar belakang turunnya hadis itu, relatif akan jelas dan tidak
ada beda persepsi yang signifikan.

lalu bagaimana dengan firman Allah sendiri yang tegas-tegas mengatakan bahwa
ada maksud mengapa kalamullah ini diturunkan dalam 'bahasa arab' ... yaitu
agar dimengerti? apa ada 'persepsi' lain selain dari apa yang tersurat dari
firman ini?

allahu a'lam (maaf kalo ada yang tidak sreg dengan ucapan ini)

salam,
satriyo