----- Original Message -----
From: "Ilham Firdaus" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Monday, January 30, 2006 5:18 PM
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Kekerasan pada anak: kisah Nabi
mengorbankan anak.

Wa'alaykumsalam mas Ilham,

Maaf ya email yang kemarin belum sempet terbaca.
Tapi mending yang ini saja ya, karena lebih singkat dan padat.
Terutama karena Anda nyebut-nyebut saya terus he he he he trims karena
ingat.
Mohon dibaca sampai selesai (kalau memang dibaca).

> Hudaibiyah maka sampailah kita ke kesimpulan bahwa dalil diatas (walaupun
> sebenarnya belum bisa dibilang sebuah dalil) sama-sekali tidak bisa
dijadikan
> alasan.

Ya jangan berhenti sampe disitu dong mas Ilham.
Masa langsung "sampailah kita ke kesimpulan...".
Penalarannya itu lho...silahkan dibabar dong...

Kalau yang lain menyimpulkan dianggap pake tools yang salah,
kalo Anda yang menyimpulkan langsung merasa diri sudah bener...

> [...]
> mereka telah membuat-2x sendiri essensi ibadah itu (essensi salah kaprah)
> karena mereka menganalisa dengan cara yang salah (tidak menggunakan tools
> yang benar). Lebih parah lagi bahwa mereka telah 'menuhankan' otak mereka
> sampai mereka berani merubah2x apa yang sudah diajarkan oleh Alloh SWT dan
> Rasululloh SAW.

> Buat Mas Ary: "ini adalah sebuah contoh metode induktif yang dilakukan
oleh
> manusia tanpa memulai dari source (Qur'an dan Hadits) melainkan mereka
> memulai dari apa yang terjadi pada lingkungan muslimun, untuk menarik

Well, Sorry juga,
mas Ilham kembali saya harus bilang Anda itu sangat mudah berprasangka buruk
dengan saudaranya sendiri.
Dan itu jelas sangat dilarang dalam Islam. Dilarang bukan karena
berprasangka buruk itu "dosa" yang dilarang Allah (Maha Suci Allah dari
segala sesuatu yang remeh temeh) tapi karena hal itu merugikan semua orang
terutama Anda sendiri.

Silahkan Anda lihat penalaran Anda sendiri yang akhirnya menyimpulkan
temen-temen ini "menuhankan pikirannya " sendiri. Saya harus bilang mas
Ilhamlah yang menuhankan pemikirannya sendiri, karena semua pendapat orang
lain (yang berbeda dengan Anda) ditarik ke arah fiqh "situasi normal". Dan
ketika anda dihadapkan pada nash tertentu anda membuatnya sebagai "urusan
perang yang darurat". Jadi mas Ilham, Anda semaunya menetapkan hukum sesuai
dengan keingainan sendiri.
Mas Ilhamlah yang menuhankan pendapat anda sendiri spt. yang anda tuduhkan
pada temen-temen anda ini.

Apa ada penalarannya menggunakan mantiq selain hanya klaim-klaim penuh
prasangka?
Apa betul Anda sudah berusaha menyelami apa yang dimaksud oleh temen-temen
ini?.
Begitu mudahnya anda bicara spt. itu apalagi sampai mengklaim bahwa anda
sudah menggunakan tools yang benar, yang sampai sekarang saya belum lihat
anda gunakan selain sebagai "alat" untuk mencerca saudara sendiri.
Al-Quran dan Sunnah Anda gunakan sbg alat untuk memakan bangkai saudara
sendiri.

Mohon dibaca pelan-pelan dan diresapi mas Ilham paragraf berikut.

Dalam benak saya, ketika mas kilatbiru dan mbak Ferona mengatakan hal di
atas tidak terpikir sedikit pun mereka itu lancang. Nggak sembarangan orang
sampai pada kesimpulan spt. itu. Niatnya pun saya yakin tidak untuk
membuatnya menjadi "mahzab fiqh baru". Tapi tidak lebih suatu "pensikapan
terhadap realita".

Realita yang bagaimana?
Realita yang sederhana saja dan jamak, ketika anda punya uang 1 juta
ditangan dan dihadapkan pada keputusan untuk membeli hewan Kurban atau
memberikannya kepada fakir miskin, mereka memilih yang terakhir. Walaupun
mas kilatbiru dengan melihat situasinya malahan nggak jadi bersedekahnya,
karena melihat bahwa membeli hewan Kurban itu bisa memberikan kebahagiaan
bagi lingkungan itu lebih dibanding kalu diberi sedekah.

Apakah ide mereka itu "induktif" yang salah yang nggak ada presedennya jaman
Rasul ?
Ada mas Ilham...bahkan banyak... Apa mas Ilham tidak tahu ttg hadits
Rasulullah saw tentang seorang yang oleh Rasulullah saw dianggap sebagai
satu-satunya yang hajinya mabrur tahun itu. Padahal beliau tidak jadi naik
haji karena mengurus tetangganya yang kelaparan? Dia memilih untuk tidak
naik haji dibandingkan mengurus tetangganya yang kelaparan!!! Ijtihad model
apa ini???? Apa nggak baca Quran dan Hadits ???? Ketika Rasul masih hidup
dan menjanjikan sorga bagi yang hajinya mabrur, eh dia memilih bersedekah,
membuka mahzab baru apa yak  BERSEDEKAH LEBIH UTAMA DARI NAIK HAJI he he he
he
Tapi toh Rasul malah membenarkan hal itu...

Bisa jadi pada hakekatnya bisa saja mbak Ferona telah dianggap berkurban
yang lebih baik dibanding kita-kita yang hanya berkurban zhahir tapi tidak
memberi manfaat apapun thd diri kita selain kehilangan 1 juta rupiah dan
makan daging hari itu padahal di sekeliling kita orang papa luar biasa.

Bisa kelihatan kan mas Ilham, bagaimana posisi awal kita dalam berdiskusi
sangat menentukan apakah kita dapat EMAS atau hanya dapat SAMPAH dari suatu
diskusi. Dan itu terserah kita memang untuk memilih.
Termasuk ketika berurusan dengan "musuh bebuyutan" Anda yaitu  JIL
;-)

Wallahua'lam bishowab.
Wassalam
Ary