Mas Bimo,

Kalo saya membedakan antara substansi ajaran dengan bagaimana memperlakukan
ajaran tsb.

Adalah realita (bener nggak ustadz Chódjim? he he he he ) bahwa setiap
ajaran agama membawa klaim kebenaran(minimal kebenaran bersama yang inklusif
yang ekstrimnya kayak Mama Lia ^_^ ) . Dan itu keniscayaan. Agama tanpa
klaim kebenaran adalah ajaran tanpa isi.

Adalah juga fakta bahwa ajaran-ajaran agama-agama Ibrahim itu sesuai dengan
urutan kronologis memiliki relasi "memperbaiki/mereformasi /menafikkan".
Yahudi direformasi oleh Nasrani. Nasrani dan Yahudi direformasi oleh Islam.
Dan relasi spt. itu sebetulnya bukan dalam konteks penghinaan, tapi dalam
konteks perbedaan. Event 30 September 1965 bagi kalangan ABRI berbeda dengan
kalangan PKI juga berbeda dengan ABG tahun 80-90-an yang kenyang (mungkin
sampe muntah he he he) dengan film "G30S-PKI".

Persoalan terbesarnya adalah bagaimana memperlakukan ajaran agama yang lain;
yaitu ketika perbedaan digunakan untuk menyerang satu dengan yang
lain.Dialog antara Ulama spt. Ahmad Deedat dalam bentuk Debat Islam-Kristen
itu nggak ada presedennya jaman Rasul. Bahkan dalam penafsiran saya dalam
Al-Quran kita dilarang untuk berdebat spt. itu (29:46-29:52). Kita
diharuskan untuk memprioritaskan persamaan (Tuhan kita sama dan satu, yaitu
Allah, Yahweh, Alah... ) dan kita semua berserah diri kepadaNya. Biarlah
Allah yang menjadi pengadilnya (dalam urusan keyakinan kita masing-masing).
Jika kita percaya universalitas Islam, IMHO kita harus bisa menjabarkan
Islam yang mampu hidup dalam keanekaragaman yang produktif.

Perlu saya tambahkan, bahwa kelakuan spt. ini juga bukan kelakuan eksklusif
orang Islam.Sama mudahnya untuk mencari pendeta Kristen yang punya kelakuan
spt. itu. Tapi dipihak sana biasanya nggak berkutik (karena kekuasaan gereja
yang memang sangat terbatas)kalo dibalas karena menyadari bahwa "jika tidak
mau dicubit ya jangan mencubit".  Ini juga punya akar dalam sejarah Gereja
dan perannya dalam masyarakat (Barat secara umum).

Salam
Ary