Terimakasih atas doanya.
  Wah ternyata Pak Chodjim malah bail menuduh saya sebagai agen KGB atau CIA,
walaupun kalimatnya pakai ekor, "masih........Tapi what you say lah, yang jelas
saya bukan agen KGB atau CIA, karena saya termasuk yang membenci barat dengan
ide-ide geblegnya yang sebagian diagung-agungkan muslimin Indonesia. Yah
diantaranya demokrasi, HAM, kesetaraan gender, ...semuanya yang menurut barat
lho bukan menurut Islam.
  Maaf juga Pak, saya nggak punya tafsir karangan Bapak, karena saya punya
tafsir yang lain, yang dah direkomendasikan Pak Ustadz. Sekali lagi maaf.

  Saya juga mendoakan semoga Pak Chodjim kembali kepada Islam.
  Allahummahdi li Chodjim, Amin

[EMAIL PROTECTED] menulis:
  Alhamdulillaah, saya mendapat cacian dari Mas Bejo. Berarti saya ini memang
makhluk --dan bukan Gusti Allah-- yang atribut keblinger bisa ditempelkan pada
saya.

Doa saya, semoga Mas Bedjo diberi petunjuk Allah sehingga dia tahu jalan yang
lempang dan jalan yang bengkok. Sehingga Mas Bedjo tidak berperilaku seperti
orang ateis tulen, sehingga doa "ihdinas shirathal mustaqiim" yang
dilantunkannya itu hanya untuk mengejek Tuhan.

Mas Bedjo itu sudah membaca tafsir "Alfatihah" yang saya tulis. Saya juga sudah
menulis 3 buku tafsir lainnya yaitu alfalaq, annas dan al-ikhlas. Tentunya
kalau saya berpendapat sesuatu dari Alquran dan hadis, saya sudah membacanya
berulangkali, sudah mohon hidayah ke Allah, dan akhirnya saya simpulkan sebagai
pendapat, dan bukan sebagai keabsolutan pendapat. Maka, kewajiban jilbab itu
hanya lahir dari pendapat, bukan nash yang qath'i. Sayangnya, Mas Bedjo tidak
menuliskan arab dan terjemahannya dari dalil itu, dan tidak pula
disinkronisasikan dengan QS 33:59.

Malah yang saya khawatirkan ialah "Mas Bedjo ini agen rahasia KGB atau CIA yang
ingin mengacak-acak umat Islam". Kalau iya, dia berbahaya bagi perkembangan
umat Islam. Tapi, saya berbaik sangka saja bahwa Mas Bedjo itu baru masuk Islam
dan belum banyak belajar agama Islam sebagaimana yang disitir dalam surah
al-Hujurat, sehingga perilakunya tidak islami. Jadi, dia belum layak menyatakan
"kami beriman", tapi baru layak menyatakan "aslamtu", kami baru menjadi Islam.

Allahummahdi li Mas Bedjo. Amin.

Salam,
chodjim