Apa yang salah dari postingan saya? Benar khan kalau mau berijtihad harus punya
ilmu bukannya asal njeplak seperti di milis ini.
  Yang bikin tidak kreatif itu yang mana? Khan kita dituntut untuk belajar
dulu.
  Saya boleh tahu, Sunnah Rasul yang mana ya yang nyuruh KREATIF dan
INOVATIFnya menurut sampeyan? Di Kitab apa, perawinya siapa?
  Saya tunggu jawabannya...

sarinesia <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
  Bos.. jika mengikuti prosedur sampeyan ini maka ummat Islam akan bodoh
dan tidak kreatif. justru ini TIDAK SESUAI dgn sunnah Rosul sebab
kanjeng nabi saw menganjurkan ummatnya agar senantiasa berlaku cerdas,
kreatif, dan inovatif. coba baca dulu postingan saya yg berjudul
"isyarat Tuhan" .. mudah2an membantu mencerahkan pikiran sodara. thx

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Bejo Paijo

wrote:

> Ini Bapak_Bapak dan Ibu-Ibu, saya postingkan hukum berijtihad dan
syarat-syarat menjadi Mujtahid. Semoga bermanfaat, pesan saya jangan
seenaknya berijtihad, ngaji dulu ya....Nanti kalau dah wara' baru
berijtihad, biar nggak asal nejplak.
> Hukum berijtihat di dalam Islam serta syarat-syarat orang yang
berijtihad

> Pertanyaan : Apa hukum berijtihad dalam Islam dan Apa syarat syarat
orang yang berijtihad ?

> Jawaban : Berijtihad dalam Islam adalah mengeluarkan kemampuan untuk
mengetahui suatu hukum syara berdasarkan dalil-dalil yang syari.
Berijtihad ini wajib hukumnya atas orang yang mempunyai kemampuan
untuk berijtihad. Karena Allah I berfirman :

> Artinya : " Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan
jika kamu tidak mengetahui."(Q.S.16;43).

> Orang yang mampu untuk berijtihad memungkinkannya untuk mengetahui
kebenaran dengan dirinya sendiri. Akan tetapi dia itu harus orang yang
luas ilmunya, yang luas penelitiannya terhadap nas-nas syariyah, yang
luas penelitiannya terhadap pokok pokok dasar yang perlu diperhatikan
(usul fiqih), terhadap pendapat-pendapat ulama; supaya dia itu tidak
jatuh ke sesuatu yang menyalahi hal yang di atas.

> Karena sebagian dari manusia â€" penuntut-penuntut ilmu- yang belum
mendapatkan ilmu kecuali sedikit sekali, sudah memposisikan dirinya
sebagai orang yang berijtihad (mujtahid). Anda menemukannya beramal
dengan hadits-hadits yang umum, sedangkan hadits hadits tersebut ada
yang mentakhsisnya. Atau beramal dengan hadits-hadits yang mansukh
(hukumnya terhapus) sedangkan dia tidak tahu yang menasikhnya (yang
menghapusnya). Atau beramal dengan hadits-hadits di mana ulama telah
sepakat bahwa hadits-hadits itu bukan atas zhohirnya. Dia tidak
mengetahui kesepakatan ulama. Orang yang seperti ini berada dalam
bahaya yang besar.

> Seorang yang berijtihad harus memiliki pengetahuan tentang
dalil-dali syariyah. Dia harus memiliki pengetahuan tentang usul fiqih
(pokok dasar fiqh) apabila dia mengetahuinya, dia mampu mengambil
hukum-hukum dari dalil-dalilnya. Dan dia harus memiliki pengetahuan
tentang kesepakatan ulama, agar dia tidak menyalahi kesepakatan mereka
sedangkan dia tidak menyadarinya.

> Apa bila syarat-syarat ini sudah lengkap pada dirinya, maka dia
adalah mujtahid (orang yang boleh berijtihad).

> Ijtihad itu bisa dirincikan; jika seseorang berijtihad dalam satu
masalah dari beberapa masalah ilmiah, lalu dia mengkaji dan
menelitinya dengan seksama. Maka dia menjadi mujtahid dalam masalah
tersebut.

> Atau dalam sub bahasan tertentu seperti sub bahasan thoharah
(bersuci), kemudian dia mengkaji dan menelitinya dengan seksama, maka
dia itu mujtahid dalam sub bahasan tersebut