Hukum-hukum fiqh memang sudah tidak ada perkembangan lagi sete;ah berhentinya
wahyu. Memang benar Nabi Muhammad adalh manusia yang bijaksana. Beliau
menyerahkan kepada umatnya menyangkut hal-hal yang bersifat keduniaan. Karena
Beliau menyadari bahwa umatnya lebih mengetahui untuk urusan-urusan itu. Tapi
juga jangan lupa, Beliau juga berpesan untuk berpegang teguh dengan Al-Qur'an
dan Assunnah. Tentunya dengan penafsiran oleh orang-orang yang kredibel. Nabi
sudah bersabda bahwa generasi terbaik adalah generasinya, sesudahnya dan
sesudah-sesudahnya.
  Sekali lagi, memang orang boleh berijtihad, tapi tentu saja butuh ilmunya.
Nggak setiap orang bisa berijtihad, nanti malah rancu. Hal ini bukanlah berarti
mematikan akal. Kita bisa menggunakan akal untuk mengejar ketinggalan dari
Barat. Tapi umumnya, kita menggunakan akal hanya untuk bisa lepas dari
kewajiban. Contohnya tentang jilbab atau apalah istilahnya. Orang yang nggak
mau pakai jilbab, dia berdalih bahwa turunnya perintah untuk berjilbab supaya
muslimah bisa dikenali dan lebih aman. Terus dalihnya, kita khan dah aman,
ngapain pakai jilbab atau yang pakai jilbab juga jadi koraban perkosaan. Ini
khan cuma dalih, berkilah. tapi saya yakin mereka-mereka itu memang nggak mau
berjilbab. Lalu dicarilah alasan-alasan dengan akalnya. tapi kenapa akalnya
nggak dipakai buat ngejar ketertinggalan Umat Islam. Ini lho yang rancu dan
lucu dan sangat menggelikan.
sarinesia <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
  --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Bejo Paijo

wrote:

> Soal "Pakaian apa yang lepas gara-gara makan buah" itu mah hak
prerogeratif Allah. Sama juga mau bilang "Kendaraan apa Mas yang bisa
dipakai Isra Mi'raj hanya dengan semalam. Nggak masuk akal khan. Yang
pasti, kalau Allah mau, apapun jadilah.
> Saya kira, untuk mengutak-atik Hak Allah itu sudah kebablasen.
Sedangkan Al-Qur'an dan Assunnah ngak menjelaskan hal itu. Apa mungkin
Nabi Muhammad korupsi ayat :)

Nabi Muhammad memang tidak penah korupsi ayat. Namun Nabi adalah
seorang manusia yg sangat bijaksana dan sangat paham dgn potensi2 yg
dimiliki oleh ummatnya. Salah satu potensi ummat adalah kekuatan
AKALnya. Sehingga dengan adanya akal, maka segala perkembangan kelak
dikemudian hari (JIKA ADA) akan bisa dirumuskan kemudian. dengan
demikian ummat diperlakukan sebagai orang dewasa. "Nguwongne uwong"
bahasa jawanya.. atau memanusiakan manusia.

beda dgn pemahaman Salafy misalnya yg beranggapan segala bentuk hukum
fiqh sudah ada patokannya sejak dulu, tidak boleh ditambah dan
dikurangi. ini menurutku kaku dan memperlakukan ummat seperti anak
kecil yg tidak mampu berpikir.

terserah kita pilih yg mana. kalau saya suka yg pertama walau dulu aku
sempat berpikir yg kedua yg lebih baik.