salam mbak Ida,

IMHO,
WM ini memang tujuannya buat komunitas muslim untuk "inward looking" dengan
berbagai parameter acuan.
Salah satu parameter acuannya ya apa yang terjadi di halaman "orang lain",
yang kalo jelek jangan sampe terjadi di halaman sendiri. Sama aja dengan
kalo sedang ngobrol dalam keluarga, orang tua bilang "jangan ikut-ikutan
anak Bu Fulanah yang masuk penjara karena jadi pengedar narkoba.". Ya kalo
kedengeran Bu Fulanah, ya memang nggak enak. Tapi ini kan diskusi dalam
keluarga, kalo kebetulan ada yang anggota keluarga lain kebetulan nimbrung
lalu kesentil, kalo bisa ya menjelaskan yang benernya gimana gitu...

Jadi kalo pengen tahu ttg bagaimana dinamika muslim melihat keislaman
kayaknya WM pas.
WM juga tempat yang pas untuk tahu pandangan muslim ttg "orang lain".
Lalu kalo bisa ngasih informasi yang relevan.

Bagi saya pribadi WM malah tempat yang tepat untuk mempertanyakan misalnya:
"kewahyuan Al-Quran".
Karena berarti pada tempatnya yaitu komunitas muslim.
Kalo ada yang marah, ya wajar saja...namanya komunitas kan macam-macam
isinya...
menjadi dewasa kan pilihan..;-)
Begitu juga jika mbak Ida punya info yang mendekonstruksi pandangan member
WM ttg makna "kewahyuan Yesus", WM itu tempat yang tepat untuk sharing...
Begitu juga tentang "kependetaan"

Malah kalo cuman bilang "kewahyuan Yesus itu paralel dengan mempertanyakan
kewahyuan Al-Qur'an" tanpa bicara dimana paralelnya, atau "nggak ada lembaga
kependetaan itu, dan pendeta itu nggak imamat" tanpa menjelaskan yang ada
itu apa dan apa maksud imamat di situ,  malah jadinya spt. noise, nggak ada
nilai infonya
Ayo dijelaskan dong mbak Ida...he he he he he

Salam
Ary