Bang Wida,

Filem sekarang memang mencoba realistis ya..
Kalo jaman dulu kan langsung disensor, atau ganti gambar sebelahnya, cuman
kedengaran suara.
Kalo sekarang kan diliatin betul2 darah muncratnya, daging lepas dll..
Ini mungkin salah satu tugas babi yang kulitnya mirip manusia :))
Bagi saya yang paling berkesan itu di adegan terakhir, waktu Yesus mau pergi
dari gua, tangannya bolong bekas paku...nggak ada mistis-mistisan kayak
kisah misteri :)) ....wooow........mind blowing, shg membuat saya berfikir
dan membuat beberapa skenario bagaimana kemungkinan Yesus lolos saat itu....

Kalo baca sejarahnya superpower romawi yang kurang lebih 800 tahun itu,
saya kira kok nggak terlalu aneh kok.
Kalo orang jaman dulu ngeliat perang sekarang yang indiscriminate kayak
sekarang,
pake bom 1 ton sampe satu pasar habis...mungkin juga mereka stress....:)

Lha wong kaisar Hadrian yang terkenal termasuk yang "baik-baik" saja buat
coloseoum yang isinya pertunjukan bunuh-bunuhan melulu. Dan itu bukan
hiburan khusus untuk kaisar lho, tapi untuk penduduk romawi.
Ini kan mirip sama media enterteinment yang ngurusin GR-Nia supaya orang
seIndonesia gembira ngeliat mereka bedua bunuh-bunuhan, sambil leyeh-leyeh
makan singkong goreng + kupi.
:))

Ada film dokumenter BBC juga menarik ttg siapa yang harusnya jadi tertuduh
dalam urusan Yesus ini:
- Rahib Yahudi, provokator
- Pilatus, si hakim + penguasa
- Yudas, murid sesat
- Yesus sendiri, pemberontak yang pingin jadi martir ?

Salam
Ary