Bang Wida,

Menurut saya, sebaiknya jangan terperangkap pada
Spt. waktu perang dingin, Amerika bilang Kapitalisme, Liberalisme vs.
Komunis
Itu kan cuman sebetulnya Jargon, umbul-umbul...
Dan itu nggak penting sama sekali...komunisme, liberalisme, kapitalisme,....

APA SAJA bisa dinisbahkan ke komunisme, kapitalisme, liberalisme tergantung
pinginnya apa...

Contohnya,
Saat perang dingin secara AS-US itu mereka itu sama-sama central planning
sampe Presiden Reagan 80-an melakukan deregulasi.Bedanya Sovyet miskin, agar
central planning mereka jalan, butuh mobilisasi tenaga kerja murah...Namun
pada prinsipnya sebetulnya sama.
Sekarang kalau kita hati-hati melihat negara-negara Eropa, sebetulnya mereka
menganut sistem sosial yang mirip komunis, sosialisme, walaupun agak
tersembunyi dibalik segerobak aturan-aturan yang mengikat pengusaha
misalnya.... sekarang-sekarang ini mereka mencoba untuk agak kapitalist
karena mereka kebanyakan sudah mulai kekurangan uang untuk membiayai
"wellfare state" mereka......

Apa itu jelek?
IMHO, tergantung situasinya apa.
Dan biasanya nggak ada itu perwujudan yang murni Komunis atau murni
Kapitalis.

Nah kalau kita bertindak atas dasar Jargon lalu mewujudkannya secara
absolut,
ini mah nggak normal dan nggak natural.

Jika merasa komunis apa-apa dinasionalisasi,
sampai akhirnya cari makan harus antri ...ini sih ngawur...

Jika merasa kapitalis apa-apa dideregulasi,
sampai mencari air untuk minum saja susah karena harus mbayar mahal..ini sih
juga ngawur
(loh kok sama ya...;) )

Yang penting persoalannya apa, argumennya dimana, solusinya
apa...detilnya...
bukan jargonnya...

Komunisme, Kapitalisme, Liberalisme, Mao-isme sebagai idea nggak berbahaya
kalau kita bisa melihatnya spt. sumber-sumber ide untuk mendapatkan solusi

Ary