Prinsipnya mungkin mirip dengan nilai 'A' dalam kuliah, bos.. :-)
Setiap Mahasiswa (or murid) sebenarnya mendapat nilai 'A'..
masalahnya gak setiap orang bisa berhasil mempertahankannya..
ada yang jarang masuk.. ada yang nilai test-nya jelek.. ada yang
gak ngumpulin tugas.. dll..

Jadi kalo di akhir semester nilai yang didapat cuma 'C' itu akibat
dari perbuatannya.. Dalam konteks agama gak mungkin kan Allah
curang.. :D

Begitu juga kita.. waktu lahir (hingga baligh?) masih suci..
tapi perjalanan hiduplah yang menjadi penentu mau ke mana kita..
Kita memetik buah dari pohon yang kita tanam.. Insya Allah..

Wallahu a'lam.. CMIIW..

Wassalam,

Irwan.K