Sebenarnya begini Teh Mia, saya kemarin ini kirim email ke apakabar,
WM dan beberapa milis lain yg subjeknya "80 Persen Anak Usia 9-12
Tahun Pernah Mengakses Materi Pornografi.. " .
Nah yg namanya anwari ini langsung menstempel saya dgn sebutan
fundies. Ini salahsatu emailnya :
--- In [EMAIL PROTECTED], "anwarhisham" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> kelas dua dimanapun ente hidup di planet ini..
>
> Berapa anak-anak di bawah umur 10 tahun yang dibawa orang tua mereka
> untuk ikut berdemo ria mendukung RUU APP..
> emangnya mereka mengerti apa yang mereka teriakkan..?
> Proses pembodohan yang sistematis bung..!
>
> Fundies itu senengnya ngejorokin orang lain deh..
> ntar kalo udah ketemu batunya..(misalnya dilawan ama Bansernya NU)
> pasti kabur terbirit-birit..(dengan ekor dilipat kayak anjing yang
> digebuk )
>
> Yang ngerusak Islam itu sebenarnya ya orang Islam itu sendiri..(Para

Setahu saya mas arcon juga aktif di sana, mangkanya saya bilang 'tanya
sendiri pada yang menstempel orang lain sbg fundies'.

- Bisa ditanyakan sama mas Bejo, Jano ko, Flora ataupun Wida apakah
pengakuan fundies nya itu sebagai pengakuan atau hanya untuk memenuhi
pengakuan paksa member WM yg lain yg menstempelinya dgn sebutan
fundies.  Mangkanya ada pertanyaan dari mrk, definisi fundies itu apa.
Kl definisi fundies sbg orang yg tidak toleran, militan, bahkan
cenderung radikal saya gak yakin mereka akan menolak stempel tsb.

- Satu pertanyaan untuk Teh Mia, apakah penting mengkategorikan
seseorang itu sbg fundies atau bukan?

Saya pernah jg berdiskusi dgn seorang teman yg terjebak dengan
simbolisasi, saya bilang gak perlu menilai pendapat seseorang yg
berbeda pola pikirnya lalu mengkategorikannya sbg islib.  Krn kalo
sudah terframed dgn simbolisasi macam beginian akan cenderung pendapat
kita menjadi tidak adil dan tidak kontekstual shg melebar kemana2.  Kl
berbeda pandangan ya kita bantah saja sesuai dgn prinsip kita, dan
fokus pada kontennya saja.
Tapi memang orang2 skr pada aneh, ada juga orang2 macam islib yg mau
mengkotakan dirinya secara ekslusif diantara komunitas muslim
indonesia ini.  Mereka sendiri yg menstempeli dirinya dgn sebutan
tsb., bahkan istilah fundamentalis ikut mereka populerkan.
Dan akibatnya resistensi dari umat muslim yg lain tidak bisa
dihindarkan.  Saya benar2 prihatin.

Come!! to Bandung http://www.visitbandung.net

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Mia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> umpatan, character assasination.
> - Lalu Pak Arcon tanya balik, masak sih? Kan ada yang jujur mengaku
> bangga jadi fundies.  Artinya apakah mereka bangga dimarjinalkan,
> diumpat, dan di-character-assasination-kan? Masak sih, kita manusia
> yang punya instink sosial kok bangga dimarjinalkan? Nggak lah.
> - Eeeeh..Pak Hadi jadi defensif bilang 'tanya sendiri pada yang
> menstempel orang lain sbg fundies'.   Lha, bukannya mesti ada
> klarifikasi dari Pak Hadi yang bilang fundies dimarjinalkan, dan
> kawan-kawan yang mengaku fundies, ternyata ada kontradiksi yang

Home is just a click away.  Make Yahoo! your home page now.
http://us.click.yahoo.com/DHchtC/3FxNAA/yQLSAA/aYWolB/TM

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim.
Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541 atas
nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.