Maaf nich....sepertinya sekarang ini jilbab cuma buat kedok buat bagi beberapa
oknum, kalau melihat tingkah laku mereka..rasanya amit2...

wasalam

irwank <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                               On 6/15/06,
Chae <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

 > waduh ma'af kalau begino....tulalit memang jadi kebiasaan:)

 Apakah tulalit itu seperti virus yang bisa menular? Ups emangnya
 Slankers yang seneng 'virus'.. :-)

 Mba Lina,

 > Saya pikir jilbab tidak bisa melindungi perempuan karena jilbab
 > sekarang ini berbeda dengan jilbab yang di adopsi oleh masyrakat
 > muslim pada waktu itu.

 Sebenarnya itu karena jilbabnya yang tidak melindungi atau lingkungan
 yang sudah terlalu tanpa kendali sehingga semua (tanpa kecuali) bisa
 terkena dampak atau bahkan terlibat 'kekacauan' dan kejahatan?
 Mungkin agak mirip dengan bencana alam yang tidak hanya menyerang
 pelaku kerusakan alam dan 'lingkungan' (istilah teman saya: pendosa)
 tetapi bisa juga menimpa mereka yang tidak berdosa (bayi, anak") atau
 mereka yang tidak ikut 'merusak'.

 IMHO, yang bilang 'jilbablah sang pelindung' atau 'jilbab tidak bisa
 melindungi' sama" ekstrim tuh. Cuma beda kubu doank.. :-)

 Jilbab sekarang ini tidak lebih hanya sekedar simbol semata tanpa
 > adanya mekanisme yang mejadikan jilbab sebagai pelindung perempuan.

 Enakan mana ya nyebut jilbab atau apapun namanya sebagai penutup aurat?
 AFAIK masalah sebenarnya adalah pada soal definisi aurat itu sendiri..
 sebagian kalangan (yang yakin dan) percaya aurat wanita adalah seluruh
 bagian tubuh kecuali telapak tangan dan wajah.. Sementara aurat pria dari
 pusar hingga lutut. Waduh.. waduh.. saya jangan ditimpukin ya, (buat
 sebagian)
 mbak" di sini.. :-p

 Sementara ada kalangan yang menolak itu.. Kalau defini di atas diterima
 semua
 muslimin/muslimah, logikanya gak akan ada pertentangan soal menutup aurat
 (contoh: jilbab) ini. Mungkin saja kalau ada cara lain menutup aurat (bukan
 sekedar mengenakan kerudung tipis di atas rambut tapi masih menunjukkan
 'jambul') yang sejenis jilbab, kita bisa 'berhenti' berdebat soal ini.. :D

 Seringkali kita lupa bahwa jilbab yang diadopsi oleh Qur'an merupakan
 > suatu sistem atau mekanisme yang mengandung kekuatan hukum. Mungkin
 > saja kalau Qur'an turun di India bukan bentuk jilbab yang diadopsi
 > oleh Qur'an tapi berupa tanda merah di jidat sebagai pembeda antara
 > perempuan menikah dan belum menikah. Tanda merah di jidat merempuan
 > india bukan sekedar simbol tapi lebih kepada sistem atau mekanisme
 > yang mengandung kekuatan hukum. Laki-laki yang mengganggu perempuan
 > dengan tanda merah di jidat akan menghadapi hukum adat yang berlaku
 > pada saat itu sama seperti mekanisme yang berlaku pada jilbab ketika
 > turun Qs.33:59.

 Kita tidak akan pernah tahu apakah 'mungkin' yang Mbak Chae sebutkan di
 atas (soal bentuk jilbab) memang seperti itu atau hanya sekedar perkiraan
 dan 'harapan' saja? Mirip dengan 'ilustrasi' artist bagaimana wujud
 dinosaurus
 jaman baheula, dari (kalau benar) tengkoraknya saja, gak ya? :-)

 Sepakat dengan Mbak Lina, kalau ada yang berani menggoda apalagi sampai
 tindakan kekerasan (termasuk perkosaan) terhadap wanita yang berjilbab
 kira" sebutan dan hukuman apa yang pantas untuk mereka? Bikin geram saja..

 Kalau di negara yang umat muslimnya mayoritas banyak yang kaya' gitu,
 yang bejat ya orang yang bersangkutan - termasuk penegak hukumnya..
 bukan agamanya atau yang (seolah-olah) digambarkan sebagai 'Syariat'-nya.
 :-(

 Sebagai contoh penggambaran negara Arab sebagai yang paling Islami (oleh
 yang membenci Islam) juga merupakan contoh dari klaim dan seolah-olah..
 (seolah-olah) awalnya 'mengangkat' citra Arab sebagai yang paling Islami..
 di waktu yang sama menghajar kelakuan bejat orang sana dan mengkaitkan
 dengan Islam.. sehingga menjadi alasan mereka menghajar Islam.. :-(
 Klaim dan seolah-olah.. klaim dan seolah-olah.. klaim dan seolah-olah..

 Btw, gak semua yang (sudah) menikah juga 'gak suka digoda' toh..
 Mungkin saja sih yang bilang gak suka karena digoda oleh yang mereka anggap
 gak menarik.. kalau digoda oleh yang menarik (bukan pake tangan) sih, enggak

 tahu ya.. Btw, kalau gak salah pernah ada berita mereka yang sudah (saling)
 menikah, tertangkap basah bermesraan di penginapan.. ini pria dan wanita
 lho..
 bukan wanita saja.. Kalo gak dijelasin gini nanti ada yang sewot lagi.. :-p

 Kesalahan kita adalah memitoskan simbol jilbab dan bukan pada
 > mekanisme jilbab apalagi mengkaitkan simbol jilbab kedalam masalah
 > aurat perempuan atau kadar keimanan perempuan.

 Kalau ada pihak yang hanya menjadikan jilbab sekedar sebagai simbol (secara
 umum),
 saya gak setuju..
 Kalau ada pihak yang mengkaitkan (baca: menuduh) jilbab sebagai alat
 mengukur
 kadar keimanan namun hakikatnya untuk 'menolak' jilbab, saya juga gak
 setuju..
 Kalau ada pihak yang mengkaitkan (baca: memanfaatkan) jilbab sebagai simbol/
 identitas/pembeda suatu kelompok apalagi terkait politik (mis: jilbab begini
 begitu
 berarti kelompok x, selain itu bukan kelompok x), saya juga gak setuju..

 Yang saya setuju adalah jilbab (atau apapun namanya) dipandang dari sudut
 pandang keikhlasan wanita untuk menutup auratnya dengan sempurna..
 That's it --> tapi bakal mentok lagi pada (kalau ada) 'perdebatan' soal
 definisi aurat.

 ------------
 Saya sering meminta Istri saya mengenakan jilbab. Namun dia tetap tidak
 mengenakannya di lingkungan rumah.. saya maklum dia punya alasan untuk itu.
 Meskipun saya terkadang menggodanya: katanya dulu mau pake kalau udah
 dibeliin 'baju muslim' (tangan panjang).. sekarang sudah dibelikan
 (beberapa)
 masih belum make juga.. :-p

 Lama" Istri saya 'jengah' juga saya goda begitu.. dan mengambil jalan
 tengah,
 kalau jalan" bareng (dengan anak"), dia pake jilbab.. itupun jilbab yang
 instan..
 bukan jilbab panjang atau kaya artis; yang tinggal pake aja, gak ribet.. :-)

 Ma'af ya Mba kemampuan saya cuman segini..jadi kalau dirasa masih ndak
 > nyambung..mohon dimaklumi:)

 Sorry ikut nimbrung meskipun tujuannya ke Mbak Lina..

 Wallahu a'lam.. CMIIW..

 Wassalam,

 Irwan.K

 --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <[EMAIL PROTECTED]>

Yahoo! Groups gets a make over. See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/mDk17A/lOaOAA/i1hLAA/aYWolB/TM

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim.
Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541 atas
nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.