Sebenarnya semangat saya itu "kemudahan".

Dalam Alquran disebutkan bahwa agama diberikan kepada manusia itu untuk
kemudahan manusia.

Dalam Alquran disebutkan bahwa beragama itu yang tengah-tengah saja, dan jangan
berlebih-lebihan alias beragama secara ekstrem.

Jadi, dalam kasusnya Mbak Herni, ya ambil saja penjelasan dalam surah Almaidah.
Bila perut sudah lapar, dan bila ditahan menyebabkan sakit, ya silakan makan
seperlunya saja. Bukankah di Alquran disebutkan bahwa dalam keadaan terpaksa,
babi pun halal. Bila sudah aman, baru cari makanan yang sebagaimana
diperintahkan dalam beragama.

Wassalam,

chodjim