Nimbrung dan numpang nerocos :

Kalo tak salah ada berbagai sindrom bagi perempuan yg menikah.
Ada sindrom cinderella complex, baby blue sindrom...dan banyak lagi.
Yg penampakannya sangat tidak kentara sering terbalut dengan pakaian, atribut :
kesolehan, tiba2 setelah menikah semakin agamis, religius [ padahal 'kosong' ].

Saya pernah baca, seorang wanita yg mulanya berkarir baik, berpendidikan baik,
punya lingkup sosial
yg luas, tiba2 'terkurung' pada kehidupan rumahtangga yg monoton, mengatur gaji
yg jumlahnya tak banyak
maka ia lambat laun akan depresi, jika pada hati kecilnya sesungguhnya ia tidak
ikhlas menjalani peran sebagai ibu rumahtangga yg mungkin harus lebih banyak di
rumah saja....
Atau mungkin juga wanita berkarir di luar rumah yg tiba2 harus berhenti bekerja
karena suatu hal,
setahun dua tahun atau lebih akan menghadapi masa2 yg membuatnya 'rawan', misal
saja malas mandi [ seperti Ir Anie], malas dandan, jadi pendiam, jadi bawel,
uruig2-an, kena eksim, sakit yg gak jelas karena apa, maag, pemalas....
Bayangkan komunikasi dengan teman2 jadi terbatas, kebebasan melakukan sesuatu
juga demikian.....

Kalo lihat di tv sih; saya berpendapat, ada 'suara2' [ waham ?] di kepala sang
isteri yg terpelajar mengkhawatirkan kehidupan
anak2nya di kemudian hari. Dengan gaji sang suami yg 1, 8 juta, karena di
potong biaya2 suaminya masih mengambil S3.
Rumah kecil, 45m2 yg meskipun di kawasan yg baik tapi masih mengontrak, ada
rasa kurang PD untuk bergaul dengan tetangga..........

Ada cara memandang kehidupan dan menyiasatinya yg berbeda.
Semuanya mungkin akhirnya juga bisa bikin stres, bagi yg senang mengambil
risiko.
Alkisah :
Ada perempuan yg asal nikah, banyak anak, nggak mikir masa depan anak gimana,
hutang sana hutang sini, ambil kreditan, tanpa sepengetahuan suami, misalnya.
Lantas ketika tiba2 gak bisa bayar cicilan ia minggat ke kampung, tetangganya
yg akhirnya kena
sasaran debt collector [ ini kejadian betulan yg baru saja saya alami, di
'zalimi' tetangga yg kelihatannya baik, berjilbab rapat, solehah tapi ternyata
konsumtif abis doyan makan berlian, suka ngutang sana-sini, MOHON MAAF yg besar
jika tetangga saya baca]

Sementara di lain pihak ada yg mikirnya terlalu njlimet, tapi tidak berdaya
seperti kasus Ibu Ir Anie Qoriah yg dengan 'kesadaran'
membunuh 3 anaknya dengan tangannya sendiri, karena mungkin ogah nyrempet2
bahaya, misalnya malu untuk berhutang, kpingin punya asuransi pendidikan, tapi
gak sanggup bayar, nggak mau nyusahin suami untuk mendengar unek2nya masalah
keuangan dan dia semakin hari menjadi panik gimana masa depan anak2nya.

Sekarang ini uang pangkal masuk TK yg biasa2 saja minimum 5 juta, belum iuran
bulanannya,
bayangkan apa gak bikin sakit kepala. Setahun mikirin bisa gila betulan......
Masuk SMP 25 juta, iuran bulanan hampir 500 ribu lebih. Jika anaknya 3.
Berapa yg musti dikeluarkan hanya untuk biaya pendidikan saja?

salam ;-(
l.meilany