Hi, bung Anwar,

  Mau berbagi info nich,

  Presiden Buka Konferensi Cendekiawan Islam

  Jakarta, CyberNews. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa, membuka
Konferensi Cendekiawan Islam Internasional (ICIS) II yang berlangsung dua hari
di Hotel Borobudur Jakarta. Di antara tamu yang hadir, tampak Perdana Menteri
Malaysia Abdullah Ahmad Badawi yang juga Ketua Organisasi Konferensi Islam
(OKI).
  Raja Abdullah II dari Yordania, yang dijadwalkan menjadi salah satu pembicara
kunci dalam konferensi yang diikuti ratusan cendekiawan itu tidak hadir. Raja
Abdullah II seyogianya berbicara tentang upaya-upaya penyelesaian konflik
secara damai antar bangsa di Timur Tengah. Pada hari pertama konferensi, PM
Abdullah Ahmad Badawi dijadwalkan menyampaikan pandangannya tentang penguatan
hubungan Timur dan Barat guna mengurangi konflik antar umat Muslim.
  Selain pemimpin Malaysia itu, Sekjen Uni Eropa, Dr Javier Solana dan Pemimpin
Umat Katholik, Paus Benedict XVI, juga menyampaikan pidato tentang pandangan
Barat tentang Islam dan membangun kerjasama antara Barat dan Timur, serta
memperkuat dialog lintas agama untuk mencapai perdamaian dunia.
  Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama Hasyim Muzadi menyebutkan, ICIS II yang
berlangsung dari 20 hingga 21 Juni itu lebih diarahkan pada rencana aksi untuk
mengurangi konflik baik antar aliran di kalangan Islam maupun ketegangan antara
Timur dan Barat.
  "Jika pada ICIS pertama sasaran kita adalah mempersamakan persepsi untuk
mengedepankan Islam moderat, pada ICIS ke II kita akan mengarah pada aksi,
terutama meredakan konflik antar kelompok Islam maupun ketegangan antara Timur
dan Barat," katanya.
  Lebih dari 50 negara telah menyatakan mengirim utusannya untuk menghadiri
konferensi para cendikiawan Islam yang dimotori PB NU tersebut. Menurut Ketua
Panitia ICIS II, Rozy Munir, ICIS II mengundang 300 peserta, 130 di antaranya
dari 57 negara.
  Pada bagian lain penjelasannya, Hasyim Muzadi juga menyinggung adanya
pergeseran pandangan kalangan agamawan yang mulai menyadari pemanfaatan
simbol-simbol agama untuk kepentingan di luar agama itu sendiri.
  Ia mencontohkan permintaan maaf yang dikemukakan gereja-gereja Amerika karena
mereka merasa tidak mampu menghentikan tindakan pemerintahnya serta permintaan
maaf gereja-gereja Denmark atas kasus penghinaaan terhadap Nabi Muhammad SAW
oleh media Denmark Jyllands-Posten meskipun itu sama sekali tidak melibatkan
gereja ataupun umat Kristen.
  Menurut Hasyim pemahaman baru agamawan sangat menggembirakan karena kini
semakin jelas bahwa agama selama ini hanya menjadi kedok dalam konflik yang
sebenarnya lebih bersifat politik, keamanan dan ekonomi. Rangkaian
penyelenggaraan ICIS sendiri sudah akan dimulai pada tanggal 19 Juni, yaitu
dengan diadakannya jamuan santap malam oleh Wapres Jusuf Kalla di Istana Wakil
Presiden, Jakarta.
  Sejumlah negara di luar negara-negara Timur Tengah yang sudah menyatakan akan
mengirimkan utusannya pada ICIS II, antara lain Amerika Serikat, Australia,
Kanada, Jerman, Jepang, Prancis, Spanyol, Belanda, Turki, dan Swedia. Beberapa
negara, termasuk Mauritius dan Uganda, juga menyatakan tertarik untuk hadir
dalam ICIS II kendati sebelumnya tidak diundang.
  ( ant/cn05 )

  Semoga bermanfaat

  Salam

anwarhisham <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          OK, mbah..
dicukupkan sekian aja diskusi mengenai topik ini..

minimal saya satu bahwa ternyata si mbah makin tua bukannya makin
sabar ternyata makin HOT.. :-)

salam,
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "H. M. Nur Abdurrahman"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kata-kata itu pantas buat kowe titik
> HMNA

Something is new at Yahoo! Groups.  Check out the enhanced email design.
http://us.click.yahoo.com/SISQkA/gOaOAA/yQLSAA/aYWolB/TM

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim.
Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541 atas
nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.