HMNA:
1. Saya copy paste tulisannya M. A. Suryawan

Assalamu'alaikum,

Mestinya umat Islam benar-benar diajarkan oleh para
kyai/ulama/mullah/ustadz bahwa Nabi Isa a.s. sudah
mati/wafat/meninggal, sehingga tidak perlu takut atau paranoid
dengan adanya usaha kristenisasi.

Simple aja kok sebenarnya cara untuk mengatasi usaha
Kristenisasi...caranya adalah cara yang sangat Islami, yaitu tidak
perlu memusuhi para penginjil atau menutup gereja-gereja...katakan
saja pada orang-orang Kristen bahwa Yesus (Nabi Isa) sudah
mati/wafat/meninggal dan tidak akan pernah datang lagi ke dunia ini.

Cuma untuk mengatakan soal itu adalah hal yang sangat sulit bagi
umat Islam, karena orang Islam itu sendiri diajarkan untuk percaya
bahwa Nabi Isa masih hidup dengan jasad kasarnya entah dimana dan
beliau akan datang lagi ke dunia ini...sama seperti orang Kristen
yang juga diajarkan untuk percaya Yesus masih hidup dengan jasad
kasarnya dan duduk di sebelah kanan Bapa di surga dan akan datang
lagi ke dunia ini...

Salam,
M. A. Suryawan
=========================

2. Saya copy paste tulisan Hj Irena Handono sebagai Pengantar dalam bukunya
Huttaqi berjudul: "Nabi Isa Tidak Turun di akhir Zaman"

PENGANTAR
Apa yang ditulis oleh saudara huttaqi,adalah suatu keberanian untuk
mengungkapkan pandangan yang berbeda. Tidak sekedar keberanian, tapi juga
disertai dengan landasan yang cukup kuat yaitu al_Qur'an untuk merombak
sebuah pemahaman yang cukup kuat meresap di masyarakat. Suatu pemahaman yang
diwariskan dari generasi ke generasi sejak masa anak-anak itu, seakan
tertradisikan sehingga segala bentuk perbedaan akan terlibas dengan
secepatnya. Namun ada kalanya, ketika rasionalitas manusia modern mencapai
titik dimana mitos tidak diterma apa adanya, kita mengkaji lagi sebuah
pemikiran yang pernah kita yakini sebelum ini.

Pemahaman tersebut adalah tentang "Turunya Isa al-Masih". Masalah ini juga
akan terkait dengan soal apakah beliau telah meninggal layaknya manusia
umumnya, ataukah masih hidup. Jika beliau sudah meninggal, bagaimanakah cara
meninggalnya, sebab orang-orang Yahudi mengaku telah membunuhnya melalui
proses penyaliban.

Tentang turunnya Isa al-Masih, setidaknya terdapat dua pendapat tentang hal
ini; (1) yang "turun" adalah system, (2) turun secara fisik dalam bentuk
manusia. Dua pendapat ini berdasarkan satu hadits:

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. Bersabda:" Demi Yang jiwaku berada
ditanganNya, kalian akan diliputi keraguan bahwa akan dating diantara kalian
Ibn Maryam (Isa al-Masih) sebagai hakim yang adil, maka ia akan mematahkan
salib, membunuh babi, meniadakan jizyah, dan harta akan bergelimang hingga
tidak ada seorangpun yang mau menerima (pemberian). (HR. Bukhori).

Berdasar pemahaman terhadap hadits tersebut, pendapat pertama memahami bahwa
hadits di atas memberikan isyarat tentang fenomena akhir zaman, tanpa ada
personifikasi adanya sosok manusia yang turun dari langit. Kelompok ini
memandang, bahwa fenomena yang terjadi berdasar isyarat Rasulullah diatas,
adalah:

(1) kemunculan fenomena penolakan terhadap paham 'penyaliban'. Pada saat
rasionalitas manusia tidak lagi dapat dijejali paham yang bersifat mitos,
maka paham "penyaliban Isa al-Masih" yang menjadi dasar dari segala
keyakinan kristiani, baik secara teologi maupun liturgy peribadatan, menjadi
kurang berarti. Manusia akan segera melacak kebenaran mitologi tersebut.
Tanda-tanda kearah ini sudah mulai tampak, dengan maraknya penggalian
arkeologis(*), serta upaya pencarian sosok Isa al-Masih secara historis.

(2) fenomena penolakan terhadap yang haram menurut ajaran agama, yang
disimbolkan dengan daging babi. Seperti diketahui bahwa makanan adalah juga
berpengaruh pada perbuatan, maka makanan yang haram sudah pasti akan
menimbulkan perbuatan yang haram juga. Secara umum, isyarat kedua ini
mengabarkan akan adanya fenomena penolakan terhadap hal-hal yang merugikan
manusia. Hal semacam ini, sudah mulai terlihat dengan giatnya para ahli baik
kedokteran, psikologi, dan sosiologi, dll, menggambarkan kepada masyarakat
akan adanya hal-hal yang membahayakan kesehatan fisik dan psikis manusia,
berdasarkan penelitian mereka.

(3) tentang isyarat ketiga, beberapa hadits menyebut wa yahho'u al-harba
(menghentikan peperangan). Kalaupun dalam hadits diatas menyebut jizyah,
jizyah itu sendiri berkaitan dengan masalah peperangan dalam kontek
terminology, ar al-harb, dalam hubungan antra umat muslim dan non muslim.
Masalah ini juga sudah mulai dapat kita lihat dan kita rasakan. Manusia
modern memiliki sensifitas yang cukup tinggi untuk melawan peperangan dan
penindasan. Mereka lebih suka menyatu sebagai manusia, dan hidup secara
harmonis. Kalaupun secara factual belum terjadi dilapangan namun, kemunculan
sensitifitas tersebut cukuplah sebagai awal dari fenomena penyatuan yang di
harapkan.

(4) adapun isyarat keempat, berkaitan dengan kecenderungan pemenuhan hasrat
manusia secara ekonomi. Untuk hal ini, kita semua dapat melihat dengan
sangat nyata, bagaimana kecenderungan manusia modern yag menempatkan masalah
ekonomi sebagai panglima. Manusia berlomba mencukupi dan mengumpulkan harta
dalam suatu kegiatan yang kita sebut "perekonomian".

Dari pemahaman di atas, maka kelompok pertama, lebih cenderung melihat
hadits ini sebagai isyarat akan terjadi fenomena akhir zaman, seperi yang
kita rasakan hari ini. Apakah kita berada di ujung zaman? Rasulullah
menyebut masa kedatangan beliau sebagai masa yang mendekati hari akhir, kini
bagaimana dengan masa kita?.

Adapun pendapat kedua, memahami secara leterlek terhadap hadits diatas.
Pendapat mereka dikuatkan dengan keberadaan hadits lain yang cukup panjang,
menyatakan bahwa Isa al-Masih akan turun di menara putih sebelah timur
Damaskus dengan dikawal dua malaikat. Tentang pendapat kedua yang menyebut
sifat turunya nabi Isa secara fisik ini, kami tidak dapat berkomentar
banyak. Sebab Allah yang Maha Kuasa, dapat saja melakukan hal itu. Namun
demikian, apakah yang turun adalah system yang merobah manusia, ataukah
manusia (Isa al-Masih) itu sendiri, fenomena yang terjadi menunjukan
kebenaran isyarat Rasulullah di atas, dengan system itu sendiri pasti ada
orang yang menjalankannya. Lantas siapakah orang itu? Jika saat ini sudah
terjadi sebuah fenomena yang cocok dengan isyarat Rasulullah Saw, dan kita
belum mendengar sosok nabis Isa yang turun secara fisik, maka dapat saja
hadits kedua juga tidak dipahami secara leterlek, artinya sosok yang turun
merupakan symbol dari agen perubahan dalam fenomena yang kita lihat,sosoknya
bisa siapa saja. Sebaiknya kita tidak bersepekulasi tentang hal ini, cukup
kita serahkan kepada Allah, dan sesuai fenomena yang kita lihat, semestinya
kita juga melangkah kearah yang sama, yaitu: melawan mitologi penyaliban
yang menyesatkan manusia kepada kemusyrikan, melawan hal-hal yang
diharamkan, melawan segala bentuk penindasan apalagi peperangan, serta
melakukan shadaqah, infak, dan zakat, hingga tercapai distribusi kekayaan
yang lebih merata.

Tentang isu penyaliban, dan apakah beliau sudah meninggal layaknya manusia,
ataukah masih hidup, juga dibahas dalam buku ini. Semoga apa yang
dikemukakan oleh saudara huttaqi, dapat menambah wawasan pembaca, serta
dapat meletakkan sebuah pemahaman dan keyakinan secara lebih proposional.
Apalagi isu bahwa turunya nabi Isa As dijadikan bahan propaganda Kristen,
dalam upaya memurtadkan umat muslim. Akhirnya saya hanya dapat berdo'a
semoga tulisan ini menjadi amal ibadah penulisnya, serta berguna bagi
masyarakat pada umumnya.

Wassalam.
Jakarta, Agustus 2005
Hj. Irena Handono
--------------------------
(*)
Tiga manuskrip dokumen historis yang tidak pernah dijamah tangan-tangan
manusia, karena terpendam di bawah tanah, baru terungkap oleh
penggalian-penggalian arkeologis. Ketiga dokumen historis itu bicara secara
gamblang Jesus tidak mati disalib, yaitu:

(1). Wahyu Petrus ditemukan pada tahun 1945 melalui penggalian-penggalian
arkeologis yang sangat penting di Naga Hammadi Mesir. Ekspedisi-ekspedisi
ini menggali sebuah perpustakaan dari abad ke-4 Masehi berupa
manuskrip-manuskrip papirus banyak di antaranya ditulis dalam bahasa Koptik.
[Brasher I (1990)]. Korban yang disalib adalah simulacrum Jesus, yang
sungguh-sungguh sangat mirip dengan Jesus [Wahyu Petrus, Robinson JM, 1990].

(2). Risalah Kedua Set Agung, seperti Wahyu Petrus, ditemukan pada tahun
1945 di Naga Hammadi Mesir. Penjelasan mengenai penyaliban dalam Set
dilaporkan dalam sabda-sabda Jesus. Seseorang yang bukan Jesus telah dipaku
membentuk salib, yang meminum empedu dan cuka serta mengenakan mahkota duri
[Risalah Kedua Set Agung, Robinson JM, (1990)].

(3). Perbuatan-Perbuatan Yohannes, ditemukan dalam manuskrip berbahasa
Yunani yang digali dalam tahun 1897. Penulis manuskrip tsb adalah salah
seorang murid Jesus, yaitu Yohannes, putera Zabedee. Kata Jesus: Aku bukan
(orang) di atas salib itu [Perbuatan Yohannes, Cameron R, (1982)].

Alhasil, yang tidak kurang pentingnya seorang lain yang menyerupai Isa yang
disalib itu bukan dongeng, itu fakta sejarah yang dibuktikan secara
arkeologis.
Catatan kaki ini dari HMNA