berikut penjlentrehannya.

From: "HH Samosir" [EMAIL PROTECTED]
To: [EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, January 13, 2006 12:57 AM

Kalau dilihat pola ikatan kekeluargaan adat Batak dilihat dari nukleus-nya
yaitu "Dalihan na Tolu" atau kurang lebih diartikan tungku dengan 3 batu.

Hubungan satu dengan yang lain dipetakan dengan beberapa aturan pokok yaitu
Hula-hula (yang dihormati), Boru (yang melaksanakan) dan dongan Tubu (teman
seiring). Filosofinya kurang lebih dirangkum dalam kata: "Somba mar
Hula-hula, elek mar Boru, manat mar dongan Tubu". Yang kurang lebih
diartikan sebagai: Menyembah Hula-hula, sabar terhadap boru dan berhati hati
terhadap saudara seiring.

Kalau di dalam adat Jawa (Surakarta dan Jogja) kekuasaan Raja memang absolut
karena memang diharuskan begitu bahwa Ratu memang sebagai sentra matahari
bagi sinergi peradatan Jawa.

Sedangkan posisi "raja" dalam adat batak selalu berubah posisi,(ingat posisi
tiga batu tersebut, hitungan hula hula selalu kepada batu pertama yang
berada didepan anda. kemudian hitungan selanjutnya mulai memakai rotasi
jam.) Jadi hitungan hula hula dapat di lihat dari sistem kekerabatan batih
dahulu. Artinya dalam suatu acara adat saya dapat betindak sebagai Hula hula
jika marga saya terposisikan sebagai hula hula. Diacara lain marga saya
dapat bertindak sebagai boru/bere atau mungkin sebagai dongan Tubu/dongan
Sabutuha. Jadi urut kacang yang dilihat adalah :"Apa marga saya, siapa hula
hula saya, siapa boru saya, siapa dongan tubu/sabutuha saya di suatu acara
adat".

Jika saya belum menikah maka hula hula saya adalah saudara laki laki ibu
saya atau rekan semarganya yang dipanggil sebagai Tulang (paman). Jika tidak
mempunyai saudara laki laki maka naik ke generasi sebelumnya yaitu marga
dari Ibu ayah saya disebut Bona ni Ari (pusat pusar/matahari). Adalah berkat
yang terbesar (jika dilihat dari pihak pihak yang akan memberikan Ulos
Berkat) jika saya menikah dengan wanita yang berasal dari marga hula hula
saya atau Bonani ari saya yang dikatakan boru ni tulang atau dikenal dengan
istilah Pariban.

Jika saya sudah menikah maka posisi Hula Hula ditambah dengan marga dari
keluarga istri saya.

Jika seorang batak kawin dengan boru batak maka prosesnya akan panjang dan
alot (keringat dingin keluar..!!). Dalam pesta tersebut yang kebagian
sebagai tata laksana adalah keluarga boru/bere (kemenakan) pihak laki laki,
sedangkan boru/bere pihak perempuan akan kebagian sebagai tata laksana yang
terfokus kepada paradaton acara tersebut.

Pertanyaannya adalah :"jika seorang batak kawin dengan non-Batak lalu
bagaimana?" Well... ini penyelesaiannya juga tergantung dari si pelaku adat
tersebut. Kalau kita asumsikan pemakaian adat batak secara "Mriyayeni" dan
eksak maka prosesnya akan mengacu pada upacara inisiasi yang disebut
"Mangadati". Mempelai wanita akan diampu oleh Hula-hula saya sebagai boru
mereka. Dan mempelai wanita dapat memiliki nama marga sesuai dengan marga
marga dari Hula-hula saya (jadi tidak sembarang comot marga).

Menarik lagi, entah pastinya kapan tetapi kira kira sejak jaman zending
masuk ke tanah batak, ada sedikit penambahan dari rantai peradatan ini,
yaitu penambahan tungku ke-empat. Yang mana akhirnya disebut "Suhini ampang
na Opat" atau secara bebas disebut segi tungku keempat, yang memposisikan
"Raja na Ginongkon" atau disebut Raja yang diundang, Bisanya posisi ini
dimaksudkan sebagai penambahan orang orang yang dihormati di daerah tersebut
seperti Kepala pemerintahan setempat yang non-Batak, Ataupun Raja Adat dari
puak lain, maklum adat batak tetap sama hanya beberapa segi mempunyai varian
berbeda dari tiap puak Toba, Mandailing, Pakpak, Dairi, Karo dsb. Ataupun
undangan yang sangat berjasa bagi keluarga tersebut.

Maklum orang rumah adalah dari suku Jawa Ngayojokarta Hadiningrat, yang mana
beliau beliau ini sangat rinci menjalankan dan "nguri-uri" adat jawa juga
dari Trah-trah tertentu. Kompromi kami dulu ya melakukan 2 adat silih
berganti dan saling tukar pandangan.

Karena saya lahir dan besar di US maka pengetahuan saya cukup terbatas atas
apa yang ditorehkan oleh ayah dan Ibu saya yang asli Batak dari Pulau
Samosir. Sebagai keturunan batak saya sangat bangga akan kekayaan khazanah
peradatan dari negeri leluhur saya. Mudah mudahan ada yang dapat menambahkan
dan memberi pencerahan selanjutnya.

Semper Fidelis,
H.H Samosir

> [...]
> dikembangkan oleh para Bangsawan di Perancis. Kebiasaan para
> bangsawan Perancis ini akhirnya diikuti oleh kaum kaya lainnya yang
> juga ingin "berstatus sosial" seperti kaum bangsawan.
>
> Kasta dalam agama Hindu, tapi orang sekarang lebih senang memakai
> teori Marx, kelas. Kelas atas, Kelas Menengah atas, kelas menengah,
> kelas menengah ke bawah dan kelas bawah. Mau tidak mau, pembagian
> kelas di masyarakat ini ada, buktinya sering disebut oleh siapapun,
> walaupun Teorinya Marx itu "barang haram" (saya juga belum baca).
>
> Begitu Pak Wida, maaf kalau saya membingungkan Pak Wida.

Something is new at Yahoo! Groups.  Check out the enhanced email design.
http://us.click.yahoo.com/SISQkA/gOaOAA/yQLSAA/aYWolB/TM