----- Original Message -----
From: "H. M. Nur Abdurrahman" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, September 14, 2006 5:39 PM
Subject: Re: Balasan: Re: Balasan: Re: Balasan: Re: Balasan: Re:
[wanita-muslimah] Re: Fw: [Lautan-Quran] Kesetaraan Jender yang Kebablasan

> ASP toles:
> Ijtihad tidak ada urusannya dengan tinggi atau rendahnya ilmu.
>
> Muammar toles:
> Oh, oh, ijtihad itu sangat berurusan dengan tingginya keilmuan, maksudnya
> bukan ilmu sekuler.
> Oh, oh, ijtihad itu istilah baku khususnya untuk istinbath hukum Islam
> Oh, oh, jadi hasil ijtihad itu bukan perkara di luar hukum Islam
> Oh, oh, perkara ijtihad itu tidak boleh dihantam sama Kromo.
> Oh, oh, di samping persyaratan keilmuan, hanya ayat-ayat
> Zhanni/Mutasyabihat, yang bisa dilakukan ijtihad atasnya.
> [...]

Ah, itu kan cuman kata ente MQ.

Kalo ngikutin gaya Abah ente memperlakukan orang yang dia tidak sukai,
saya bisa saja bilang karena ente diuntungkan status sosialnya sbg. calon
ulama.

Apa ente berani bersumpah untuk menanggung keselamatan semua orang yang
ngikutin pendapat ente?
Jadi nanti di padang masyar, ente harus berani bilang kepada hakim saat itu.
Bahwa semua yang ngikutin pendapat ente, semuanya ente tanggung jawab.

Setiap orang bertanggung jawab HANYA atas apa yang dia usahakan.
Itu bagi saya termasuk salah satu pokok keimanan dalam Islam yang sangat
membebaskan.

Nah kalo ada yang meng-usahakan memaksa supaya orang lain mengikuti dirinya
tanpa berfikir kritis,
bersiap-siaplah bertanggung jawab thd orang lain itu.

Yang khusus itu kan hanya syafaat Rasulullah belaka.

Salam
Ary

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional