Bisa saja mereka tetap konsisten terhadap agama tapi mereka
sebenarnya sudah meninggalkan kitab suci. Ini banyak terjadi dalam
umat beragama. Berapa banyak orang Kristen di Barat yang masih rajin
ke Gereja dan membaca Bibelnya. Berapa banyak yang menjadi agnostik?
Apa Gereja di Barat selalu penuh dengan umat? Mereka sudah punya
kitab suci yang baru yaitu HAM. Mereka meninggalkan Bibel.

Umat Kristen (terdahulu) bukan merekonstruksi tafsir, tapi sudah
menambah dan menghilangkan ayat, bahkan mengganti. Bagaimana bisa
merekontruksi tafsir kalau Bibel yang berbahasa Ibrani (Aramaic?)nya
saja sudah tidak ada? Jadi buat mereka sekarang ini, Bibel yang ada
dan beredar kini memang sudah tafsiran semuanya dan kalau mau
dirubah-rubah lagi ya silakan aja. Namanya jg tafsir.

Baca saja kasus "Comma Johanneum" (penambahan ayat pada kitab
Yohannes). Ini sudah diakui oleh ahli alkitab memang sebagai
penambahan ayat tapi selama tidak merubah keyakinan dan akidah
Kristen, hal ini diperbolehkan.
Mbak mau melakukan hal ini pula terhadap AlQur'an?

Buat saya, tafsir boleh banyak namun ayat aslinya tidak boleh
dirubah biar tetap bisa dijadikan rujukan oleh para ahli tafsir.

Pada jaman Nabi SAW hidup, tentunya Nabi SAW juga tidak pernah
menafsirkan se mau-maunya beliau. Begitu juga para sahabat dan
golongan pertama orang yang masuk Islam. Namun AlQur'an mengatakan
merekalah umat yang dapat kemenangan besar. Ditangan orang-orang
seperti itulah, umat Islam (akan) berjaya/mendapat kemenangan besar.

Kalau sekarang umat Islam gak pernah jaya, ya karena kita emang
tidak pernah mau seperti beragamanya orang2 golongan pertama tsb.

wassalam,

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Chae"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sebenarnya umat kristen tidak meninggalkan bibel, bagaimana mungkin
> mereka meninggalkan bibel jika mereka masih tetap konsisten dengan
> ke-kristenanya. Yang mereka lakukan justru me-rekonstruksi tafsir
> mereka terhadap bibel sehingga mereka keluar dari zaman kegelapan.
> Berbeda dengan umat Islam sekarang yang terjerumus terhadap
terdahap
> pemberhalaan tafsir Qur'an sehingga tertinggal jauh dengan kemajuan
> beradaban dan akhirnya berada dalam ruang bayang2.
>

> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <linadahlan@>

Hadis

Tipitakanya.
Eropa