Kembali ke definisi agama.  Apa itu agama?  Ada yg bilang a way of
life, ada yg bilang filosofi kuno, ada yg bilang candu masyarakat, ada
yg bilang manipulasi politik, dsb dsb.

Bagi orang rasional yg ditentang bukan agama tetapi ketidakrasionalan
dalam bertindak baik dg alasan agama maupun karena inspirasi agama.
Ketidakrasionalan ini sebenarnya bukan bagian dari agama yg sesungguhnya.

Ketidakrasionalan ini bisa jadi karena ulah para pemuka agama yg
memiliki vested interest secara politik.  Mungkin emphasis saya ada di
sini.

Tapi saya tidak pernah melecehkan Allah SWT, RasuluLlah SAW dan
AL-Qur'an nulkarim.  Diluar itu, terutama hadits, saya perdebatkan dg
lantang kalau tidak rasional pemahamannya.  Jadi saya tidak membenci
agama melainkan berusaha men-challenge ketidakrasionalan berdalih
agama.  Dulu memang ada peserta milis yg bernama Jusfiq Hadjar (?) yg
memang anti Islam.  Yg diperdebatkan ialah akidahnya.  Saya tidak
mendebat akidah.  Dalam setiap diskusi akidah, saya tidak ikut campur.

Memang agama itu telah memperadabkan manusia, tetapi karena alasan
agama pula manusia bisa menjadi buas dan biadab lagi.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Wikan Danar Sunindyo"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Dana, saya mau nanya nih ...
> kenapa orang rasional harus menghina agama?
> kan agama adalah kepercayaan masing2, yang selayaknya pula dihormati
> seperti halnya orang punya hak milik kan wajib dihormati pula, tidak
> serta merta boleh diambil atau dijarah seenaknya.
> Saya bisa setuju blasphemy law, seperti halnya saya setuju undang2
> mengenai kepemilikan, asal jelas saja point2-nya. Ini yang saya minta
> daftarnya dari Kang Mas Jano-Ko, biar jelas mana yang blasphemy, mana
> yang bukan. Menurut saya, kalau hal2 seperti memasukkan al quran ke
> [...]

Kirim email ke