Secara literal UU itu masih ada karena waktu dibuat, mana ada orang
muslim yg menjadi WN Inggris. Fenomena imigrasi muslim ke Eropa itu
kan baru 20 tahunan terakhir.  Dan sejak berdirinya kerajaan Inggris
di th 1066 itu ya negeri Kristen.

Yang menjadi penyebab kejengkelan para imigran muslim sebenarnya bukan
UU blasphemy karena jarang ditegakkan, karena saling menghujat
diantara Kristen dan Yahudi sudah hampir tidak ada.  Saya juga jarang
mendengar orang Kristen dan Yahudi menghujat agama Islam. Nah banyak
kasus yg terjadi malah hujatan dari muslim thd Kristen dan Yahudi.
Terutama dari ulama radikal.  Makanya pada mulai dipulangin.

Saya tidak melihat apa persoalan dari

Yg paling pelik ialah bahwa hujatan ini ada tertulis dalam Al-Qur'an.
 Ada gerakan di parlemen yg menginginkan agar kata2 hujatan thd
Kristen dan Yahudi dalam Al-Qur'an itu dihapus atau diganti.  Wah
tentu aja pada ribut.  Mana ada dalam Islam text Al-Qur'an dapat diubah.

Ada juga sekolah milik kerajaan Saudi di Inggris yg ada text-book-nya
mengandung kata2 'babi' bagi orang Nasrani dan 'monyet' bagi orang
Yahudi.  Pemerintah Inggris melalui Dep Pendidikan dg tegas meminta
supaya buku itu diubah text-nya dg menghilangkan referensi spt itu.

Tuduhan bahwa imigran muslim tidak menerima perlakuan
non-diskriminatif boleh dikatakan pasti pendapat sepihak.  Kalau
memang masyarakat dan pemerintah Inggris begitu diskriminatif masa
orang India, orang Polandia, orang Cina, orang Rusia pada sukses hidup
dan berusaha di sini?

Artinya ada suatu perkecualian dan barangkali spt yg saya sempat
ungkapkan adanya resistansi dari imigran muslim utk beradapatasi.
Contohnya makanan harus halal, pakaian harus tertutup, perempuan tidak
gabung dg laki2, perempuan lebih rendah posisinya, dsb dsb. Dan ini
semua bertentangan dg pola budaya mayoritas, pola berpikir sosial,
sistem nilai, filosofi HAM dsb.

Mengapa negara Inggris harus mengadopsi sistem syariat spt di Saudi
Arabia?  Tidak masuk akal kan?

Kalau Inggris, Perancis, Jerman dsb harus menjadi negara syariat maka
mereka tentu akan mundur kondisinya. Lha karena bukan syariat maka
mereka maju dan dapat menampung mereka yg harus lari dari negara
syariat demi ekonomi atau keselamatan nyawa mereka.  Enggak ada tuh
orang Inggris, Perancis dan Jerman dsb yg lari dari negara mereka
karena dizalimi pemerintahannya.

Saya kira upaya pemerintah Inggris utk merangkul imigran Islam sudah
sangat banyak.  Pernah Mendagrinya datang ke suatu daerah pemukiman
imigran muslim, dia dihardik oleh salah satu hmmm, bersorban,
berjanggut tidak berkumis, dsb .., "How dare you come to a muslim
area!".  Seluruh kontigen menteri bengong.  Muslim area?  Lho ini
bukannya bagian dari Kerajaan Inggris dan saya kan mendagrinya.

Jadi, siapa yg harus adaptasi?

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Wikan Danar Sunindyo"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> dari http://www.gatra.com/artikel.php?id=102619
>
> Mau ngecek nih, Pak Dana ...
> apakah benar undang2 blasphemy sudah tidak diberlakukan di Inggris?
> kok di artikel ini terkesan masih diberlakukan buat agama Kristen dan
> Yahudi, sehingga membuat iri kaum muslim di Inggris.
> Lalu sorotan lagi, perkara British-born Muslim yang ditengarai Pak
> Azyumardi sebagai kelompok yang paling rentan terhadap ekstrimisme dan
> radikalisme. Jadi bukan migran asal Pakistan atau negara muslim
> lainnya yang tidak tahu berterimakasih dan "ujug2" bikin bom
> [...]

Kirim email ke