Teokrasi di Inggris adalah formalnya karena raja Inggris itu ketika
Inggris memisahkan diri dari Vatican di jaman raja Henry ke VIII
akhir abad ke 16 menyatakan dirinya Kepala Gereja Anglikan.  Pada
masa ini banyak negara memisahkan diri dari Vatican. Pada masa itu
Vatican memimpin agama dan raja memimpin negara.  Karena raja Henry
itu berpoligami,karena enggak punya keturunan laki2 jadi ada
kesalahan genetik pada dirinya bukan pada istri2nya, maka dia membuat
aliran baru dimana dia mengetuainya.  Sejarahnya begitu.

Jadi secara formal memang demikian, tetapi secara positif tidak lagi
karena raja/ratu hanya bersifat ceremonial.  Monarki konstitusional
spt Inggris sudah tidak memiliki kewenangan apa2, karena sudah
dilucuti semua kewenangan itu.  Jadi raja/ratu itu spt ondel2 aja
diarak2 dipuja2 tapi enggak bisa apa2.

Tapi kenyataannya dalam kehidupan sehari2 Inggris adalah negara
sekuler yg demokratis.  Silahkan datang sendiri dan menilainya.  Tapi
ada yg saya kurang sreg di Inggris dari segi demokrasi ialah yaitu
bahwa House of Lords (ekivalen dg Senat di AS) tidak dipilih melalui
pemilu, padahal semua legislasi dari House of Commons (ekivalen dg
House of Representatives) harus disetujui mereka.  Kerangka Inggris
feodal banget sampai nama dari lembaga nya aja: Rumah Bangsawan vs
Rumah Orang Kebanyakan.  Menyebalkan memang feodalisme ini.  Tapi
kenyataannya secara praktek tidak teokratis.  Para pemuka gereja
Anglikan enggak punya kekuasaan apa2.  Paling cuma mengawinkan orang
di gereja spt penghulu.  Toh masyarakatnya sudah terdidik enggak
perlu diangoni oleh pemuka agama lagi.

Gampangnya dalam pembuktian empiris suatu sistem datanglah ke negara
tsb utk beberapa lama dan bandingkan sendiri dg mata kepala bagaimana
perbedaannya.  Pembuktian empiris ini utk melengkapi debat teori.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "khaidarmak" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Ohoi, teokrasinya Inggris ini menarik sekali, mas Wikan. Mungkin
bisa
> dibabar lebih lanjut. Kalau Israel mah jelas sekali, sebutannya aja
> jewish state.
>
> Khaidar
> http://leluconsinga.wordpress.com
>
> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Wikan Danar Sunindyo"