Yg lebih penting dan relevan ialah istilah 'budak' dalam definisi
hukum.  Situasi perbudakan menurut definisi hukum tidak dapat lagi
ditoleransi oleh peradaban modern.

Janganlah Bapak melarikan persoalannya ke ranah kesusastraan.
Dalam dunia Islam perbudakan belum terdengar deklarasi dihapusnya
secara fikih.  Artinya walaupun Al-Qur'an menganjurkan pembebasan
budak, Al-Qur'an tidak melarang secara eksplisit adanya perbudakan.

Oleh karena mungkin tidak heran jika kasus2 pelecehan perempuan di
Timur Tengah tidak dapat diselesaikan secara hukum jika memang seorang
muslim berhak meniduri budak miliknya menurut pemahaman agama.  Status
 perbudakan TKI kita kan tinggal didefinisikan secara hukum setempat
oleh pihak majikan.  Tidak perlu ada KTP yg bilang statusnya budak.

Beda dg konsep HAM, secara hakiki seorang itu lahir merdeka dan berhak
atas kemerdekaannya setiap saat sejak lahir sampai mati dan tidak
dapat kemerdekaannya itu hilang.  Kalau sampai hilang berarti ada
pelanggaran HAM yg perlu dikoreksi.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "H. M. Nur Abdurrahman"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kata majemuk hamba-sahaya adalah bentuk plural dari hamba = bentuk
plural
> dari sahaya. Coba baca misalnya Sedjarah Melaju karangan Toen
Mahmoed Sri
> Lanang.
> Wassalam,
> HMNA