Pak HMNA, di terjemahan Al Quran dari Depag tidak tercantum bahwa
hukuman dharaba itu hanya atas tindakan penyelewengan yang menjurus
pada selingkuh, namun masih bisa diperbaiki. Dalam terjemahan tersebut
tertulis

"Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyusnya, maka nasihatilah
mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah
mereka ..."

Sementara Nusyus sendiri dimaknai sebagai "meninggalkan kewajiban
bersuami istri, Nusyus dari pihak istri, seperti meninggalkan rumah
tanpa izin suaminya".

Kalau menurut saya, meninggalkan rumah tanpa izin suami tidak selalu
berarti penyelewengan yang menjurus selingkuh. Jadi pengertian Bapak
tentang pembatasan dharaba hanya dilakukan pada tindakan penyelewengan
yang menjurus selingkuh ini berdasar apa?
Mohon penjelasannya.

wassalam,
--
wikan
http://wikan.multiply.com

On 4/5/07, H. M. Nur Abdurrahman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Memang sengaja saya lebarkan pada masalah sanksi keras, sebab rupanya
>  dharaba, yang ditasrifkan (dikonyugasi) menjadi bentuk fi'il amar
>  (imperative) idhrib, diturnkan porsinya menjadi lunak, itu tidak membawa
>  efek bagi pendidikan masyarakat. Artinya melunakkan sanksi demi alergi
>  terhadap "keras", meringankan individu terpidana, tetapi tidak membawa efek
>  pada masyarakat. Sebaliknya dengan pemahaman tekstual yang dainggap "keras"
>  itu, memang memberatkan individu terpidana, tetapi membawa efek postif bagi
>  masyarakat, itulah esensinya rahmatan lil 'alamin. Sanksi dharaba atas
> [...]

Kirim email ke