Alhamdulillah, Bu Chair,

Kalo yang seperti ibu paparkan itu sudah saya tangkap pertama kali
ketika saya baca tulisan ARI (bukan ARY, lho kayaknya) atau
arcon/papabon.

Tapi saya merasa ada hal lain yang implisit yang ingin disampaikan
oleh ARI dengan postingan dan gaya penyampaiannya itu ...

tapi mungkin it's just my feeling aja, karena ARI pake
terminologi 'sentri' yang perlu diklarifikasi.
Sedemikian 'manusiawi'nya kah Nabi sehingga ARI berandai-andai para
shahabat atau shabiyat itu juga harus disejajarkan dengan Nabi ...
dan ini yang saya tangkap implisit yang ARI sampaikan itu. but then i
might be too far fetched.

Implikasi dari apa yang saya tangkap atas postingan ARI adalah selain
di atas tadi saya nyatakan seoalah Nabi itu tidak beda dari manusia
biasa, perbandingannya ko ke perkamen yang ga jelas juntrungannya,
artinya apa itu itu pantas jadi bench-mark buat tradisi periwatan di
kalangan muslim yang lebih ketat dan rinci? Juga ini artinya ketika
diharapkan 'harus' ada 'sentris' yang 'tidak bias gender' (ini
konklusi saya, mungkin tidak congruent) maka berarti tidak cukup
bahwa Nabi yang nota bene laki-laki itu menjadi tauladan, sehingga
dipandan kudu ada tauladan sejenis yaitu yang bisa mewakili
perempuan. begitu ...

ok deh, sementara sekian ya, dan mau pulang kantor. insyaallah saya
sambung pekan depan.

salam,
satriyo

--- In [EMAIL PROTECTED], "Chae"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
tindakan
> Nabi dan kemudian dukungan Umar ra terhadap Nabi ...pokoknya semua
> Nabi sentris...hanya terpusat pada sosok Nabi yang mana mewakili
> gender laki-laki.
>
> tidak di sosialisasikan literatur yang mengupas dari sudut pandang
> Aisyah, Hafsah, Zainab dll bagaimana perasaan Aisyah ketika hafshah
> mengajak untuk berkoalisi menghadapai Nabi, bagaimana perasaan
hafshah
> ketika menemukan Nabi berdua dengan wanita lain didalam rumahnya,
> bagaimana perasaan Zainab sebagai pemicu pertengkaran dll.

Nabi

kenapa

Terjemahan "wadhribuu

kepada